1. Mengenal Ms. Word
Microsoft office enterprice adalah
salah satu bentuk software yang dimiliki perusahaan software ternama hak
patennya. Kemasan yang apik dan easy to use yang ditawaarkan oleh
microsoft corporationadalah salah satu alasan kenapa banyak orang yang
senang menggunakannya. Dalam paket ang ditawarkan oleh Microsoft corporation
ini salah satunya adalah Ms. Word 2007 yang digunakan untuk mengolah
dokumen dalam bentuk teks atau naskah. Dengan menggunakan Ms.word 2007 ini anda
akan dengan mudah menghasilkan naskah atau tulisan yang sesuai dengan anda
pikirkan secara profesional.
2. Menjalankan Microsoft Word 2007
Untuk menjalankan microsoft word
2007 ini sangatlah mudah, ikutilah beberapa cara yang ditawarkan ini:
- Cara Pertama Menjalankan Microsoft Word 2007
~
Pada tampilan windows 7,Klik start pada taskbar lalu
klik all program,
|
~
Klik microsoft office,
~
Kliklah Microsoft Word.
|
- Cara Kedua Menjalankan Microsoft Word 2007
~
Pada tampilan windows 7, Klik menu start pada taskbar
lalu tuliskan keywordnya denganWINWORD pada search engine yang
ada
- Cara Ketiga Menjalankan Microsoft Word 2007
~
Pada tampilan windows 7, langsung klik icon Ms. Word yang
sudah ter-pin di taskbar
|
3. Mengenal Fungsi Tiap Menu pada
Microsoft word
setelah menggunakan salah satu cara
di atas untuk mengaktifkan aplikasi Ms. Word, maka akan tampak tampilan layar
utama pada jendela Ms. Office 2007 sebagai berikut:
Office button, tombol microsoft office yang terletak di bagian kiri atas
dari jendela berisi perintah-perintah dasar dalam pengoperasian Ms. Word
misalnya: membuat dokumen baru (new), membuka dokumen (open), menutup dokumen
(close), menyimpan (save), mencetak dokumen (print) dan lain sebagainya.
Title bar, pada baris ini berisi keterangan nama dokumen, nama program.
Di samping kanan atas ada 3 tombol kontrol yang berisi minimize,
maximize/restore down dan yang ketiga adalah close.
Ribbon, adalah tampilan baru menu dan toolbar Ms. Word 2007 yang
diletakkan menjadi satu hingga seperti ayam dengan indukannya.perintah yang
sejenis akan ditampilkan pada satu tab tersebut. Setiap tab (indukan ayam)
memiliki satu jenis aktivitas yang sama di dalam sub tab tersebut (anak ayam).
Misalkan pada tab insert maka jenis aktivitas yang ada adalah
menyisipkan sesuatu ke dalam naskah atau lembar kerja yang sedang kita buat
misalnya, chart, smart art, header, footer, text box dan sebagainya.
View Ruler, tombol ini digunakan untuk menampilkan penggaris / ruler
yang berada di kiri atas dokumen yang sedang kita buat.
Ruler, penggaris yang menunjukkan ukuran tinggi dan lebar dokumen yang sedang aktif di
jendela Ms. Word.
Scrool Bar, ada dua macam baris penggulung yang ada di Ms. Word 2007
yaitu baris penggulung vertikal dan penggulung horizontal.
Status Bar, pada baris ini terdapat informasi tentang status dari
dokumen yang sedang aktif, yanga antara lain:
Page: menunjukkan posisi kursor saat itu,
misalnya page 3 of 8 berarti kita sedang berada di halaman 3 dari 8 halaman
yang ada.
Section: 1 bagian/section 1 dalam dokumen.
At:menunjukkan dimana posisi kursor
berada. Misalnya at 13 cm berarti kursor berada pada jarak 13cm dari atas
halaman
Line: menunjukkan pada baris berapa
posisi kursor, misalnya line 1 berarti posisi kursor berada pada posisi baris
ke 1 pada sebuah halaman aktif tersebut.
Column: menunjukkan posisi kursor pada
kolom tertentu, misalnya column 9 berarti kursor berada di posisi kolom ke 9
pada baris yang bersangkutan.
Words: menjelaskan berapa kata yang ada
pada dokumen tersebut. Misalnya, words 1200 berarti kata yang ada di dokumen
tersebut sebesar 1200 kata.
Insert/overtype klik indikator ini untuk mengubah
status kursor menjadi modus sisip atau modus tindih.
Indonesian adalah indikator untuk mengubah
jenis bahasa yang digunakan dalam penulisan kosakata dalan dokumen.
4. Bekerja bersama dengan Ms. Word
a)
Membuat Dokumen dengan Memanfaatkan Ms. Word
Dokumen adalah tanda bukti yang
digunakan perusahaan untuk mengarsipkan bukti-bukti kegiatan yang telah
dilakukan. Untuk mengolah dokumen dalam
bentuk teks kita dapat memanfaatkan aplikasi yang ditawarkan Microsoft Office
yaitu Ms. Word 2007.
Untuk bisa menggunakannya kita cukup
mengaktifkannya setelah itu kita sudah langsung bisa menggunakannya untuk
membuat dokumen baru. Untuk mengawali sebelum membuat dokumen, aturlah beberapa
point supaya tampilan yang diinginkan bisa terwujud. Beberapa point pengaturan
yang dapat diatur di awal dan di akhir antara lain:
1. Memformat ukuran kertas atau lembar
kerja yang akan kita pakai
Adapun langkah yang bisa dilakukan
adalah sebagai berikut:
1. klik menu page layout pada ribbon,
maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :
2. kemudian klik gambar panah yang ada
pada pojok kanan bawah (yang dilingkari warna merah), maka akan muncul tampilan
seperti ini:
|
3. jika sudah selesai klik OK
2. Format Paragraph
Dalam Ms. Word, yang dimaksud paragrapf adalah barisan teks
yang diakhiri dengan enter. Jadi, berapapun isi baris kata yang ada, kalau
sudah diakhiri dengan menekan enter maka Ms. Word akan menghitungnya sebagai
sebuah paragraph.
Ketika anda akan melakukan editing pada paragraph yang anda
inginkan, maka aktifkanlah terlebih dulu paragraph tersebut dengan cara
meletakkan kursor tersebut dalam paragraph yang ingin diformat paragraphnya
atau dengan cara berikut:
a) Memilih Paragraph
Ø Memilih Sebuah Paragraph, cukup triple klik(tiga kali
klik) pada paragraph yang akan diformat. Selain cara itu ada cara lain yaitu
dengan mengarahkan pointer ke sebelah kiri di luar margin kiri hingga pointer
menunjuk ke kanan, setelah itu lakukan double klik disana.
Ø Memilih Paragraph Secara Berurutan, lakukanlah triple klik (tiga
kali klik) pada paragraph pertama dan selanjutnya tekanlah tombol shiftkemudian
klik pada paragraph lain yang akan diformat.
Ø Memilih Beberapa Paragraph Terpisah,
lakukan
triple klik (tiga kali klik) pada paragraph pertama yang akan di format,
kemudian tekan ctrl dan lakukan triple klik pada paragraph
selanjutnya yang ingin diformat.
Ø Memilih seluruh paragraph (seluruh
dokumen), letakkan
pointer di sebelah kiri hingga pointer menunjuk ke arah kanan, kemudian lakukan
triple klik. Dapat pula dilakukan dengan cara menekan tombol Ctrl
kemudian klik diluar margin sebelah kiri. Ada juga cara tercepat yaitu
dengan cara menekan tombol Ctrl+A.
Setelah melakukan seleksi paragraph
yang akan diformat, selanjutnya kita akan langsung masuk pada formatting
paragraph yang sudah dipilih.Antara lain melakukan perataan paragraph, mengatur
indentasi paragraph dan mengatur jarak spasi antar baris.
b) Mengatur Format Perataan Paragraph
Ms. Word memberikan 4 opsi dalam
perataan dokumen ini, yaitu left (rata kiri),center (rata tengah),
right (rata kanan) dan justify
(rata kanan kiri) untuk melakukan formatting, dapat dilakukan dengan cara:
1. Pilih dan aktifkan paragraph yang
akan diformat.
2. Setelah itu pilih tab home
dalam grup paragraph klik box launcher maka akan tampil kotak dialog
seperti ini
3. Cara lain yang bisa digunakan
adalah:
~
Align Text Left (Ctrl+L) , klik ikon ini untuk membuat paragraph
menjadi rata kiri.
~
Center(Ctrl+E) ,
klik ikon ini untuk membuat paragraph menjadi rata tengah.
~
Align Text Right(Ctrl+R) , klik ikon ini untuk menampilkan paragraph
menjadi rata kanan.
~
Justify (Ctrl+J) , klik ikon ini maka tampilan
paragraph akan berubah menjadi rata kanan kiri.
c) Mengatur Indentasi Paragraph
Ada beberapa cara yang bisa
digunakan dalam mengatur indentasi paragraph yang diantaranya adalah:
~
Menggunakan ruler/penggaris horizontal yang didalamnya
terdapat slider indentasi yang dapat memudahkan kita untuk mengapur indentasi
dengan cepat dan simpel.
|
|
|
·
First Line Indent, drag saja slider ini ke kiri dan ke
kanan sesuai kebutuhan untuk memindahkan posisi permulaan baris pertama
paragraph.
·
Hanging Indent, drag slider ini ke kiri atau ke
kanan untuk memindahkan dan menentukan batas pengetikan sebelah kiri baris
kedua dan seterusnya dari paragraph tersebut.
·
Left Indent, drag slider tersebut ke kiri atau ke
kanan untuk memindah first line indent dan hanging indent secara bersamaan
untuk menentukan indentasi sebelah kiri dari sebuah paragraph.
·
Right Indent, drag slide ini ke kanan atau ke kiri
untuk menentukan indentasi paragraph sebelah kanan.
d) Mengatur Jarak Spasi Antar Baris
Untuk mengatur spasi antar baris
anda dapat menggunakan tab home pada grup paragraph dengan cara dibawah ini:
1. Aktifkan paragraph yang akan
diformat.
2. Setelah itu klik tab home, grup paragraph klik
ikon line spacing , seperti berikut ini:
3. Dalam ikon line spacing terdapat
beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk menentukan jarak baris
teks/paragraph seperti:
1,0 ; 1,15 ; 1,5 ; 2,0 ; 2,5 ; 3,0 untuk menentukan jarak baris sesuai
dengan angka yang anda pilih saat itu.
Line Spacing Options, ketika kita klik pilihan ini maka
kita akan langsung terhubung pada kotak dialog Paragraph-Indents and
Spacing.
Add Space Before Paragraph, jika kita memilih opsi ini maka
secara otomatis jarak paragraph saat ini dengan paragraph sebelumnya akan
berjarak 12 Pt.
Add Space After Paragraph, jika kita memilih opsi ini maka
secara otomatis jarak paragraph saat ini dengan jarak paragraph berikutnya akan
berjarak sebesar 12Pt.
Selain cara sebelumnya, ada cara
lain untuk melakukan formatting pada jarak spasi. Yaitu dengan cara di bawah
ini:
1. Setelah paragraph aktif, maka klik
kanan – paragraph
2. Pilih berapa besar spasi yang ingin
digunakan pada pilihan line spacing
Ø Single, berarti jarak baris dari teks adalah
satu spasi
Ø 1.5 line, berarti jarak baris dari teks adalah
1,5 spasi
Ø Double, berarti jarak baris dari teks adalah
2 spasi.
Ø At Least, berarti jarak baris dari teks adalah
jarak spasi minimal
Ø Exactly, berarti jarak baris dari teks
ditentukan berdasarkan pengisian angka di kotak At di samping kotak
pilihan line spacing
Ø Multiple, berarti jarak baris dari teks adalah
ditentukan dengan cara menghitung jarak baris kelipatan satu spasi.
|
3. Membuat penomoran Halaman
Adapun cara untuk memberikan penomoran halaman pada
Microsoft word 2007 adalah, sebagai berikut:
a) Klik menu insert pada ribbon
b) pilih menu page number pada kolom
header & footer
c) pilih posisi penempatan nomor
halaman, ada beberapa pilhan yaitu Top of page, Bottom of page, page margins,
current position
d) klik pada salah satu tipe penomoran
halaman yang anda inginkan, maka secara otomatis akan keluar nomor halaman yang
anda butuhkan.
4. Menyisipkan table pada lembar kerja
a) klik insert
b) klik table pada kolom table, maka
akan muncul tampilan berikut ini :
c) Sorot cursor pada table diatas untuk
menentukan berapa jumlah kolom dan baris yang akan anda buat.
d) kemudian klik pada bagian yang sudah
anda sorot dengan kursor, maka secara otomatis akan muncul table yang anda
inginkan.
5. Menyisipkan gambar pada lembar kerja
a) klik insert
b) klik picture, maka akan muncul kotak
dialog
c) pilih gambar mana yang ingin anda
sisip dalam lembar kerja.
d) klik OK
Pengenalan
Microsoft excel 2007
Microsoft excel merupakan perangkat
lunak yang digunakan untuk mengolah data secara otomatis, mulai dari
fungsi-fungsi, perhitungan dasar, membuat grafik, sampai membuat database, dan
lain sebagainya. perangkat lunak atau aplikasi ini membantu dalam menyelesaikan
permasalahan administrasi mulai dari yang sederhana sampai yang lebih kompleks.
Bagian-bagian dalam Microsoft excel 2007
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Gambar 3.1
Lembar kerja pada Microsoft excel
2007
Keterangan :
Office Button :
Berisi
barisan perintah untuk pengoperasian program yang standar misalnya membuat
dokumen baru, menyimpan file, membuka dokumen lama, mencetak dan mempublish
dokumen.
Ribbon :
Merupakan
tampilan baru dari Microsoft office 2007 yang langsung menampilkan dan
berisikan tool bar, jika di office 2003 bagian ini disebut menu bar namun
terpisah dengan toolbar
Tool Bar:
merupakan
deretan tool-tool/ gambar-gambar yang mewakili perintah dan berfungsi untuk
mempermudah dan mengefisiensikan pengoperasian program.
Range Name:
menunjukan
cell mana yang sedang aktif.
Fungsi:
menunjukkan
dan sebagai tempat untuk mengedit isi suatu cell
Nomor kolom:
Menunjukkan
pada urutan kolom apa cell aktif
Nomor baris:
Menunjukkan
pada urutan baris keberapa cell aktif
Penggulung vertical & horizontal :
untuk
memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar secara vertical
maupun secara horizontal
Lembar aktif:
merupakan
halaman pada lembar kerja, sehingga menunjukkan lembar atau halaman mana yang
aktif ketika kita sedang bekerja dengan Microsoft excel.
Bekerja
dengan Microsoft Excel 2007
Pada bagian ini kita akan mulai
bekerja dengan menggunakan salah satu perangkat lunak berbasis data yaitu
Microsoft excel 2007.
a) Membuka buku kerja baru.
Apabila
ingin membuka lembar kerja baru yang masih kosong maka caranya adalah dengan
klik “office button” kemudian pilih “new” setelah itu bilih “blank
document” atau bisa juga dengan menekan Ctrl+N ( tekan keduanya
secara bersamaan).
Apabila
hanya ingin memerlukan lembar kerja yang baru pada buku kerja yang digunakan
cukup dengan memilih tabulasi sheet yang terletak pada bawah lembar kerja, yang
namanya sheet 1, 2, 3, dst.
b) Memulai membuat dokumen
|
Gambar 3.2
Memulai membuat dokumen
Adapun
langkah-langkah untuk memulai membuat dokumen adalah, sbb:
1. buka aplikasi Microsoft excel 2007
2. letakkan pointer di A1 kemudian
ketik no, tekan enter
3. Penekanan enter akan membuat cell
berpindah pada cell berikutnya (karena
kita mulai pada cell A1) maka yaitu pointer akan berpindah pada A2, setelah itu
ketik angka 1
4. Bawa pointer ke cell B1 kemudian
ketik Nama
5. tekan enter sehingga posisi cell
pada B2, lalu ketik Rini. tekan Enter
6. Bawa Pointer ke C1 ketik nilai,
tekan enter
7. sekarang posisi pointer pada C2,
ketik angka 90, dst.
Untuk selanjutkan adalah bagaimana mengedit data atau dokumen
ketika suatu ketika terjadi kesalahan pada tahap memasukkan data pada lembar
kerja, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Misalkan cell B2 berisikan nama Rini
kemudian kita akan menggantinya dengan nama Agustina. Pindahkan Pointer ke cell
B2
2. tekan tombol F2
3. maka cursor akan berada dalam kolom
4. Sekarang ganti Rini menjadi Agustina
5. Tekan enter.
c) Menggunakan Rumus dan Fungsi
Rumus merupakan instruksi metematika yang
dimasukkan ke suatu cell pada lembar kerja. Rumus akan memerikan instruksi
untuk melakukan proses perhitungan tertentu.
Microsoft office 2007 dapat melakukan proses
perhitungan dengan menggunakan operator hitung sebagai berikut:
Tombol
|
Nama Tombol
|
Fungsi tombol
|
+
|
plus
|
Untuk menjumlahkan
|
-
|
minus
|
Untuk pengurangan
|
*
|
asterisk
|
Untuk perkalian
|
/
|
slash
|
Untuk pembagian
|
^
|
circumflex accent
|
pangkat
|
Dalam pengetikan atau memulai memasukkan rumus
harus di awali dengan tanda “=”
Misalnya:
=A2*C2,
atau
=
A2/C2
jika sudah, maka tekan enter maka hasilnya
akan dapat dilihat.
Fungsi Bantu Statistik
1. Max (Range) : mencari nilai
terbesar dari suatu range.
2. Min (Range) : mencari nilai
terkecil dari suatu range.
3. Sum (Range) : mencari jumlah
dari isi data yang terdapat pada suatu range.
4. Average (Range) : mencari nilai
rata-rata dari suatu range.
5. Count (Range) : mencari jumlah
data yang terdapat pada suatu range.
Contoh Soal :
Carilah rumus formula untuk menghasilkan nilai yang
berwarna merah dibawah ini!
Cara pengerjaan :
Jumlah Nilai pada
cell F6 adalah “=Sum(C6:E6)” atau “+C6+D6+E6”
Total Nilai Kelas pada cell C16 adalah “=Sum(C6:C15)”
Rata-rata Nilai Kelas pada cell C17 adalah
“=Average(C6:C15)”
Nilai Terendah pada
cell C18 adalah “+Min(C6:C15)”
Nilai Terbesar pada
cell C19 adalah “+Max(C6:C15)”
Jumlah Data pada cell
C20 adalah “+Count(C6:C15)”
Untuk nilai TAS dan nilai
Praktikum, dapat dilakukan penggandaan rumus formula / melakukan
copy rumus hanya dengan
menggerakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan
di-copy lalu ke daerah yang
masih belum ada rumus formulanya.
Selanjutnya lepaskan klik maka
hasilnya :
Fungsi Kelompok Text
1. Left : mengambil karakter yang
ada di sebelah kiri dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)
2. Right : mengambil karakter yang
ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)
3. Mid : mengambil karakter yang
ada di tengah dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =MID(teks, angka_awal,
jumlah_karakter)
4. Upper : mengubah semua karakter
dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital.
Contoh : =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA
5. Lower : mengubah semua karakter
dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf kecil.
Contoh : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya
6. Proper : mengubah karakter
pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar /
kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil.
Contoh : =PROPER(“saya sedang praktikum”)
menghasilkan Saya Sedang Praktikum
7. Len : mengambil karakter terkiri
sejumlah yang dinyatakan pada argument jumlah_karakter.
Contoh : =Len(“Praktikum”) menghasilkan 9
8. Text : mengubah angka menjadi
teks dengan jumlah desimal sesuai yang dinyatakan pada argumen format_teks.
Penulisan : =TEXT(angka, format_teks)
Contoh : =TEXT(100/4,“0.00”) menghasilkan
25.00
9. Dollar : mengubah angka menjadi
teks mata uang dolar, disertai pembulatan dan jumlah desimal menurut argumen
jumlah_desimal.
Penulisan : =DOLLAR(angka, jumlah_desimal)
Contoh : =DOLLAR(22/7,6) menghasilkan
$3.142857.
=DOLLAR(22/7,5) menghasilkan
$3.14286.
10. Char : mengubah angka antara 1
sampai 255 menjadi karakter kode ASCII.
Contoh : =CHAR(125) menghasilkan }.
11. Code : mengubah karakter
pertama menjadi kode ASCII.
Contoh : =CODE(“Infor”) menghasilkan 73.
=CODE(“Ikan”) menghasilkan 73
juga.
Catatan !!! tanda koma ( , )
diatas dapat juga diganti dengan tanda titik
koma ( ; ), disesuiankan dengan
komputer yang dipakai.
Fungsi Bantu Logika
1. And (Logical 1,logical 2,…,logical
30)
→ menghasilkan argument true jika semua logika benar.
2. Or (Logical 1,logical 2,…,logical 30)
→ menghasilkan argument true jika
salah satu logika benar.
3. Not (Logical)
→ menghasilkan kebalikan logika.
4. If (Logical Text, Value True, Value False)
→ menghasilkan argument dengan
pemenuhan syarat yang telah ditentukan.
Contoh Soal :
Carilah rumus formula untuk
menghasilkan nilai yang berwarna merah dibawah ini!
Cara pengerjaan :
v Huruf Awal pada cell B2 adalah “=Left(A2;1)”
v Huruf Tengah pada cell C2 adalah
“=Mid(A2;3;1)”
v Huruf Akhir pada cell D2 adalah “=Right(A2;1)”
v Rumus untuk cell F2 adalah
“=If(E2=”MG”;”Matang”;”Mentah”)”
v Status pada cell H2 adalah
“=If(And(E2=”MG”;G2=”Kuning”);”Jual”;”Buang”)”
Fungsi Absolut
Fungsi penggunaan absolut ini
adalah apabila kita tidak ingin referensi cell berubah saat suatu
formula disalin, buatlah referensi
cell absolut dengan mengetik tanda dillar ($) atau tekan F4
apabila pengetikan referensi cell
yang anda ingin tidak berubah. Seperti formula =D4 berubah
saat anda salin ke cell lain,
tetapi $D$4 selalu merujuk pada cell yang sama.
Contoh Soal
Kasus I Daftar Pemesanan Buku pada Toko
“X”
Cara pengerjaan :
Total = Harga * Jumlah
Maka, Total Benny F2 = =D2*E2
Kasus II
Daftar Pemesanan Buku pada Toko
“X” dengan harga semua buku sama
Cara pengerjaan :
Total = Harga * Jumlah
Karena harga semua buku sama maka
dalam hal ini memerlukan fungsi absolut.
Jadi, Total Benny E2 = $D$6*D2.
Untuk Total Liesha sampai siska,
dapat dilakukan penggandaan rumus formula /
melakukan copy rumus hanya dengan
menggerakkan kursor ┼ ke bawah. Seperti yang
telah dijelaskan sebelumnya.
Fungsi VLOOKUP
Fungsi Vlookup merupakan fungsi
bantuan references. Fungsi Vlookup dipakai untuk
menghasilkan nilai pada tabel
secara vertikal.
Penulisan : =VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)
|
Fungsi HLOOKUP
Fungsi Hlookup merupakan fungsi
bantuan references juga. Fungsi Hlookup dipakai untuk
menghasilkan nilai pada tabel
secara horizontal.
Penulisan : =HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)
|
a.
Pilihan Ganda
- yang termasuk dalam pekerjaan utama kantor, kecuali
a.
menghimpun dan mencatat
b.
menyimpan dan mengirim
c.
mengolah dan melakukan komunikasi
d.
mengetik dan memeriksa
- Microsoft excel 2007 termasuk dalam jenis perangkat lunak berbasis apa ?
a.
Spreadsheet
b.
database
c.
dokumen
d.
program akuntansi
- Tombol apa yang digunakan untuk menghapus seluruh isi range yang kita blok?
a.
delete
b.
backspace
c.
esc
d.
space
- Aplikasi manakah yang bukan termasuk dalam aplikasi perangkat lunak berbasis grapichs
a.
paintbrush
b.
corel
c.
Photoshop
d.
Harvard grafik
- Bagian Microsoft Excel 2007 yang berisi barisan perintah untuk pengoperasian program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, mencetak dan mempublish dokumen, adalah….
a.
Ribbon
b.
toolbar
c.
office button
d.
menu bar
- Ada berapa ciri suatu perkerjaan dapat dikatakan pekerjaan kantor ?
a.
5
b.
2
c.
3
d.
4
- Fungsi apa yang dipakai untuk mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range ?
a. Sum
b. Average
c. count
d. Subtotal
- Fungsi apa yang dipakai untuk mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada argument jumlah_karakter.?
a. char
b.
len
c.
Left
d.
Dollar
- Mana diantara fungsi logika ini yang berfungsi untuk menghasilkan argument true jika semua logika benar.?
a. OR
b. AND
c. IF
d. NOT
- Kegiatan mana Dibawah ini yang memiliki prosentase 10,2 % yang menunjang tugas utama perusahaan ?
a.
filling
b.
Checking
c.
Duplicating
d.
mailing
- Tombol untuk mengabsolutkan cell (mengabsolutkan rumus) :
a.
F1
b.
F7
c.
F4
d.
F3
- berikut ini yang bukan termasuk dalam menu-menu pada bagian References (ribbon) Ms.Word 2007 :
a.
footnotes
b.
tracking
c.
citations & Bibliography
d.
Index
- berikut ini mana yang merupakan langkah-langkah mengatur line spacing yang benar :
a.
homeà àpilih line spacing
b.
klik kananà klik paragraphàpilih line spacing
c.
homeà à pilih line spacing
d.
jawaban a dan b benar
- fungsi HLOOKUP pada Ms. Excel adalah. . . .
a.
dipakai
untuk menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.
b.
Memproses data secara horizontal
c.
Membuat halaman secara horizontal
d.
Merger data secara horizontal
- perpotongan antara baris dan kolom adalah. . .
a. Range
b. Cell
c. Row
d. column
b.
Esai
- Apakah yang dimaksud dengan pekerjaan kantor dan sebutkan kegiatannya
- Sebut dan jelaskan ciri-ciri pekerjaan kantor !
- Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam mengatur indentasi paragraph, sebutkan dan jelaskan !
- Sebutkan langkah-langkah membuat penomoran halaman pada Ms. Word 2007 !
- Apakah fungsi dari VLOOKUP dan HLOOKUP ?
1. Kerjakanlah
format tugas di bawah ini!
~
carilah total harga
tang harus di bayar.
~
carilah juga:
Ø Total
Pembelian.
Ø Rata-Rata
Pembelian.
Ø Pembelian
Tertinggi.
Ø Pembelian
Terendah.
2. Buatlah
laporan penjualan di bawah ini!
Ketentuan:
Ø Jika
yang di beli bimoli atau happy salad oil maka akan mendapatkan diskon 10%.
Ø Jumlah
penjualan diperoleh dengan mengurangkan harga dengan diskon.
3. Ketiklah
artikel dibawah ini semirip mungkin.
Analisis kuantitatif atau analisis
rasio dalam menilai kesehatan bank dapat dilihat dari laporan keuangan bank
yang dipublikasikan secara rutin di berbagai media cetak, walaupun akurasinnya
bisa dipertanyakan (khususnya yang belum di audit). Adapun caranya adalah
membandingkan indikator suatu bank dengan yang lainnya terutama yang
disyaratkan oleh Bank Indonesia sebagai regulator moneter.
Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
BalasHapushubungi Ki Witjaksono di:O852-2223-1459
supaya lebih jelas
silahkan klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL
AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
BalasHapusKenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<