ALAT DAN MESIN PENGGANDA
Biasanya
ketika rapat berlangsung, sekretaris selaku notulis mencatat jalannya rapat
secara menual. Setelah rapat selesei, sekretaris memproses hasil pertemuan
tersebut dengan mengetiknya menggunakan mesin tik atau computer. Hasil ketikan
tersebutlah yang akhirnya akan diperbanyak dengan mesin pengganda dan selanjutnya
dibagikan kepada pihak-pihak yang memerlukannya. Adapun macam-macam mesin
pengganda adalah sebagai berikut :
1.
Mesin
fotokopi
mesin
fotokopi adalah suatu alat untuk menyalin kembali dokumen atau ilustrasi dengan
menggunakan cahaya, panas, bahan kimia atau muatan listrik statis.
|
2.
Mesin
risograph
Mesin risograph adalah mesin untuk membuat
kopi untuk jumlah besar dengan menggunakan master
copy, dapat memperbesar dan memperkecil, serta dapat merubah warna sesuai
keinginan.
3.
Mesin
stensil
Mesin stensil adalah
suatu alat pengganda dokumen dengan menggunakan sheet stensil.
Proses
fotokopi dimulai saat dokumen asli yang akan diduplikasikan diletakkan pada
permukaan kaca. Kemudian dokumen tersebut disinari dengan cahaya yang berjalan.
Bagian kertas putih akan memantulkan cahaya lebih banyak daripada bagian yang
berwarna. Untuk lebih jelas pelajarilah terlebih dahulu bagian-bagian dari
mesin fotokopi sebagai berikut :
a.
Tutup asli (original cover, original holder, platen cover). Bagian ini
berfungsi untuk menutup lembaran asli yang akan dikopi.
b.
Kaca
tempat asli (original glass). Lembar asli
yang akan dikopi diletakkan pada bagian ini. Pada bagian tepi kanan terdapat
skala yang berpangkal pada titik tengah. Skala ini berfungsi untuk mengatur
lembaran asli agar tepat pada posisis tengah.
c.
Papan tempat asli (original tray, original support). Bagian ini digunakan untuk meletakkan
lembar asli yang belum dikopi atau yang sudah di kopi.
d.
Tombol on-off (on-off switch, power switch). Bagian ini untuk menghidupkan
dan mematikan mesin.
f.
Kerangka mesin. Pada mesin tertentu di
bagian samping terdapat tutup mesin yang mudah dibuka untuk mengganti tinta,
memperbaiki kertas yang menggulung dan
service mesin.
g.
Papan kertas untuk operasi manual (by pass feed table, manual feed table, by
pass base). Bagian ini berfungsi untuk operasi manual atau memasukkan
kertas kopi satu per satu.
h.
Baki kertas (cassette). Bagian ini merupakan papan kertas untuk mendapatkan
penggandaan (salinan). Tiap baki memuat 250-500 lembar kertas dengan ukuran
sendiri-sendiri, seperti A4, A3, B4 dan B5.
Adapun
cara pengoperasian mesin fotokopi, yaitu sebagai berikut
i.
Hidupkan mesin fotokopi dengan menekan
tombol on.
ii.
Letakkan lembar asli (kertas yang akan
difotokopi) pada kaca tempat asli dengan bagian tepi atas menempel pada garis
skala dengan posisi tepat ditengah.
iii.
Tekan tombol pengatur hasil fotokopi.
iv.
Tekan tombol jumlah hasil penggandaan
yang dikehendaki.
v.
Tekan tombol cetak atau start.
vi.
jika
sudah selesei tekan tombol off.
CARA PENGIRIMAN/PENDISTRIBUSIAN HASIL PERTEMUAN
Hasil
pertemuan yang telah diperbanyak lalu didistribusikan kepada para peserta rapat
yang hadir maupun yang tidak hadir. Adapun cara pendistribusian hasil pertemuan
ini
dikelompokkan
sebagai berikut :
1.
Intern
Cara
pendistribusian dengan dibagikan secara langsung kepada pihak-pihak yang
memerlukan dengan menggunakan buku ekspedisi intern sebagai bukti bahwa yang bersangkutan
telah menerima hasil pertemuan.
2.
Ekstern
Cara
pendistribusiannya dengan menggunakan alat bantu. Alat bantu tersebut antara
lain :
a.
Faksimile
1.
Siapkan dokumen (hasil pertemuan/rapat) yang
akan dikirim. Dokumen ini dapat ditulis dengan tangan atau diketik (dengan
mesin ketik/komputer) pada kertas biasa.
2.
Letakkan dokumen yang akan dikirim pada
papan tempat pegiriman dokumen dengan posisi tulisan menghadap ke bawah dan
bagian atas dokumen berada di bawah.
3.
Tekan tombol quality samapai pada layar tertulis standard, fine atau half-tone.
Pilihlah kualitas hasil pengiriman dokumen yang diinginkan.
4.
Tekan
tombol monitor.
5.
Tekan nomor faksimile yang dituju.
6.
Tekan tombol start/copy.
7.
Secara otomatis mesin faksimile akan
memutar sendiri dan akan terdengar melaui
speaker monitor hubungan tersambung atau tidak.
8.
Apabila pengiriman sedang berlangsung
tetapi hendak dibatalkan atau hanya sebagian dokumen saja yang akan dikirim,
tekan tombol eject/reset.
b.
E-mail
Pengiriman
hasil pertemuan/rapat juga dapat melalui
e-mail. Ada pun langkah-langkah pengiriman hasil pertemuan/rapat melalui e-mail adalah sebgai berikut :
2.
Klik menu mail.
3.
Isikan Yahoo!ID dan password,
kemudian klik sign in.
4.
Klik menu new, kemudian pilih e-mail
message.
5.
Selanjutnya akan muncul lembar kerja :
a.
Ketik alamat e-mail yang dituju pada kolom to.
b.
Ketik topik mengenai hasil pertemuan
pada kolom subject.
c.
Tulis berita/surat pengantar pada lembar
yang kosong.
d.
Klik attach
untuk melampirkan dokumen hasil rapat.
e.
Cari file
dokumen hasil rapat.
f.
c.
Pos
Pengiriman
hasil pertemuan/rapat melalui jasa pos dapat dilakukan dengan cara berikut ini
:
1.
Masukkan hasil rapat yang akan
dikirimkan ke dalam amplop dengan dilampiri surat pengantar.
2.
Pilih jenis pengiriman berdasarkan
cepat/lambatnya hasil rapat tersebut harus diketahui oleh peserta rapat atau
pihak-pihak yang memerlukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar