Senin, 13 Februari 2012

Pengertian Permintaan

Coba kalian perhatikan contoh pengalaman Desi berikut ini. Desi ingin membuka usaha toko buah, untuk itu dia membeli buah jeruk di pasar, tetapi sebelumnya dia membuat catatan belanja berikut ini. 

Tabel 17.1 Daftar Pembelian Jeruk

Berdasarkan daftar belanjaan Desi di atas menunjukkan bahwa pada saat harga jeruk sebesar Rp4.500,00, Desi akan membeli jeruk sebanyak 140 kg. Ketika harga Rp6.000,00, maka Desi hanya akan membeli jeruk sebanyak 20 kg. Kesediaan Desi untuk membeli jeruk dalam berbagai jumlah pada tingkat harga tertentu merupakan contoh permintaan. Pada saat Desi menyusun daftar permintaan jeruk, apakah hanya mempertimbangkan harga saja? Tentunya tidak, bukan? Desi juga harus mempertimbangkan uang yang dimilikinya. Jika uang yang tersedia dapat digunakan untuk memenuhi keinginan Desi untuk membeli jeruk maka permintaan jeruk dapat terjadi. Lalu apakah yang dimaksud permintaan? Apabila dalam merumuskan pengertian permintaan hanya memerhatikan faktor harga barang dan jumlah barang yang diminta, serta menganggap faktor-faktor selain harga tidak berubah, maka permintaan adalah keseluruhan jumlah barang atau jasa yang bersedia diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.

1 komentar:

  1. Kami juga menyarankan anda mencoba atau sekedar melihat Software HR/Penggajian/Payroll APS HRD System dari PT Mitra Pasifik Solusindo. Software ini dapat memandu kinierja management HRD anda.

    Karena software HR ini cukup mudah di gunakan namun dengan menerapkan teknologi yang belum di terapkan di software HR lainnya. untuk riview lengkapnya anda bisa melhat di artikel ini : Software HRD, Payroll dan Penggajian Terbaik 2017

    BalasHapus