IKLAN JASA

Home » » PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Beruntunglah kita yang sudah berada pada era perkembangan teknologi yang sangat mutakhir ini jika kita flash backke belakang pada masa lalu. Perangkat lunak begitu rumit dengan bahasa-bahasa mesin yang sukar dipahami terutama oleh para pemula. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari pembahasan perkembangan perangkat lunak di bawah ini.
1.    Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah  menggunakan  punched  card  yaitu  kartu  yang  di  lubangi. Penggunaan  komputer  saat  itu  masih  dilakukan  secara  langsung,  sebuah  program  untuk  sebuah mesin  untuk  tujuan  tertentu.  Pada  era  ini,  perangkat  lunak  merupakan satu kesatuan dengan perangkat  kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang dilakukan di dalam komputer  berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses. Dapat dibayangkan bagaimana jika kita yang sudah berada di era modern ini kembali pada era pioner ini. Tetapi perangkat lunak pada era pioner ini adalah perangkat lunak yang menjadi cikal bakal perkembangan perangkat lunak sampai saat ini.

2.    Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri/perusahaan.  Perusahaan perangkat lunak bermunculan dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan  lagi  satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai dikenal sistem basis  data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).


3.    Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat  lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak  dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal  dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya  untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. Pada era ini sudah banya kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Perangkat lunak tidak hanya untuk kalangan tertentu, tetapi perangkat lunak sudah mulai bisa dirasakan secara perorangan dari programer langsung menuju ke end usernya.

4.    Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Lebih hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak  akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam  perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

Dari ulasan diatas, sedikit banyak kita sudah memahami bagaimana perkembangan aplikasi-aplikasi perangkat lunak yang ada pada era dulu sampai saat ini yang serba canggih dan serba ekspress. Berikut ini gambaran ringkas mnegenai sejarah perkembangan perangkat lunak.



0 comments:

Post a Comment