IKLAN JASA

Home » » Pengertian aplikasi perangkat lunak

Pengertian aplikasi perangkat lunak


D
i dalam sebuah komputer, terdapat perangkat-perangkat yang saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Ada perangkat keras (hardware) dan ada perangkat lunak (software) yang menggerakkan kerja komputer. Perangkat lunak terdiri dari 3 komponen utama yaitu monitor, CPU (central processing unit) dan keyboard. Sedangkan software adalah penggerak dari komputer tersebut. Untuk lebih memahaminya, coba lihat penjelasan di bawah ini:
Apa itu perangkat lunak (software)?
Perangkat lunak adalah:
1.   Kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya
2.   Catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah  maupun dokumen serta arsip lainya
3.   Komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik untuk mengontrol sistem
4.   Segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya

Komputer  merupakan  mesin  yang  memproses  fakta  atau  data  menjadi  informasi. Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak.
Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini di susun program / perangkat lunak. Tidak ada artinya sebuah komputer jika di dalamnya tidak ada perangkat lunak yang mendukungnya. Tingkat pemrosesan yang di kerjakan perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah  proses  seleksi dan pengurutan  menjadi  sesuatu yang  berguna  menjadi  informasi.  Informasi yang  di  susun  secara  sistematis  dengan  suatu  alur  logika  tertentu  menjadi  knowledge.  Dan  pada akhirnya gabungan knowledge yang di gabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom. Data yang di proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan  format  data  digital  dengan satuan bit (binary digit).

0 comments:

Post a Comment