IKLAN JASA

Home » » Jenis-jenis perangkat lunak

Jenis-jenis perangkat lunak




Di dalam perangkat lunak terdapat 3 sub sistem yang mendukung perangkat lunak ini, tiga komponen itu adalah sistem operasi, bahasa pemrograman dan program aplikasi. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu komponen tersebut.

1.    Sistem Operasi
Adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk mengorganisasi penggunaan komputer mulai saat mesin dihidupkan sampai mesin mati kembali, sistem operasi mengendalikan semua yang dipasang di komputer. Tetapi komputer yang disediakan ini belum siap digunakan secara sempurna sebelum ada program bantu (utilitiy). Sistem operasi yang kini beredar di pasaran dan beberapa yang telah menjadi sejarah adalah:



1)   DOS
Sistem Operasi DOS adalah DOS (Disk Operating System ) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan system operasi. Karena Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk, baik disketmaupun harddisk.

            Sistem operasi PC DOS ( Personnal Computer Disk Operating System) ini ditujukan untuk pemakaian mikrokomputer IBM (IBM PC). Yang pada mulanya di tahun 1980, tim Petterson membuat opearting system membuat operating system untuk Seatle Computer Product yang membutuhkan S-100 system dengan mempergunakan INTEL 8086. Operating system tersebut dinamakan QDOS (Quick and Dirty Operating System ). Pada akhir tahun 1980, QDOS dikembangkan dan diberi nama 86-DOS (DOS untuk 8086). Beberapa produk DOS sampai saat ini adalah  :

a)      DOS 1.0
Versi ini merupakan versi DOS paling awal. Kemunculan versi ini dihubungkan dengan kemunculan IBM PC. Versi ini sangat sederhana dan kemampuannya terbatas.Versi ini tidak dipaka lagi karena tidak dapat lagi mendukung perkembangan software yang ada.

b)      DOS 2.0
Dikeluarkan pada bulan maret 1983 bersama munculnya IBM PC/XT. Karena versi mempunyai beberapa kesalahan program maka diperbaiki dengan versi 2.10

c)      DOS 3.0
Yang dimaksud dengan DOS 3.0 adalah PC-DOS 3.0 dan MS-DOS 3.05 yang merupakan DOS yang dikeluarkan untuk mendukung computer baru waktu itu yang disebut computer AT (advanced Technology). Versi ini mendukung pemakaian disk drive dengan kapasitas 1.2 megabyte dan pemakaian RAMDisk (VDISK) dengan menggunakan extended memory yang tidak dapat dipakai langsung oleh DOS versi ini.

d)      DOS 3.1
Diluncurkan pada bulan maret 1985 Kelebihan DOS ini adanya dukungan terhadap system network computer.

e)      DOS 3.2
PC DOS 3.2 dikeluarkan bersamaan dengan diluncurkannya computer laptop. Versi mampu memanfaatkan disk drive dengan ukuran 3.5 inci ukuran 720 kilobyte yang biasanya dipakai pada computer laptop.

f)       DOS 3.3
IBM pada tahun 1987 mengeluarkan versi DOS 3.3 Kemampuan DOS 3.3 yang ditambahkan dari DOS sebelumnya adalah kemampuan memakai harddisk sebanyak 32 megabyte per logical drive (1 drive logika)

g)      DOS 4.0
Mempunyai 3 versi DOS yaitu PC-DOS 4.0, PC-DOS 4.01 dan MS-DOS 4.01. PC DOS 4.0 merupakan versi pertama yang dikeluarkan  pada bulan juli 1988, karena DOS ini banyak kesalhan maka dikeluatkan PC-DOS 4.01. Versi DOS 4.0 mempunyai fasilitas Shell dari DOS untuk mengontrol kerja computer dengan system menu.

h)      DOS 5.0
Diluncurkan pada tahun 1991 dengan fasilitas baru seperti MIRROR, UNDELETTE dan UNFORMAT.

i)        DOS 6.0
Diluncurkan pada bulan maret 1993. Ditambahkan beberapa utility baru dan penambahan perintah-perintah konfigurasi system dan batch file.

2)   WINDOWS
Sistem operasi windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985.  Semulanya sistem operasi windows ini diperkenalkan dengan nama Interface Manager. Pemakaian sistem operasi ini pada awalnya tidak terlalu menarik . Ini terjadi hingga diperkenalkan sistem operasi windows versi 3.0 pada bulan mei 1990. Beberapa keunggulan windows :

a.    Tampilan grafik yang lebih menarik karena berbasiskan Graphical User interface (GUI)
b.    Adanya standarisasi proses artinya pemakai akan lebih mudah menggunakannya tanpa perlu menghafal.
c.    Kemudahan proses artinya dengan memakai sistem operasi ini suatu data dapat dipakai bersama dan dapat dipindahkan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah.
d.   Investasi yang menarik, artinya semaikin banyak produk software yang mendukung sistem operasi ini.
e.    fasilitas multithreading dan pre-emptive multitasking sehingga kinerja multitasking lebih reponsif. Dengan fasilitas ini beberapa program dapat dijalankan secara bersamaan
6. Dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan mengunakan modem
7. Didukung oleh standar industri Plug and Playying dapat membantu guna menghindari kesulitan pada saat menambah perangkat keras baru.
Berikut dapat dilihat pekembangan windows


3)   OS/2
Sistem ini dibuat oleh IBM, semula ditujukan untuk pemakai komputer yang dibuat sendiri. Tetapi kini mulai dipasarkan bagi peengguna yang ingin menggunakan palikasi ini
4)   SUNSOFT
Sunsoft adalah sistem operasi yang dibuat oleh sun Microsystem Inc. sistem operasi ini merupakan versi interaktif istem UNIX dan ditujukan untuk pengguna yang menggunakan dan menjalankan beberapa program aplikasi sekaligus.
5)   SYSTEM 6.x/7.x
Sistem operasi ini dijalankan untuk komputer macintosh. Metode ini menggunakan mode atau tampilan grsfis yang disebut grapichal user interface. Perintah-perintah yang diberikan berupa bentuk icon atau gambar.
6)   NeXTSTEP
NeXTSTEP adalah sistem operasi yang ditujukan untuk penggunaan komputer NeXT. Karena kecanggihannya, NeXTSTEP kini tersedia juga untuk komputer yang menggunakan prosesor buatan intel.
7)   UNIX
UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.

Berbagai versi UNIX yang ada:

Beberapa sifat dan keistimewaan UNIX :
1.    Portabilitas
Sistem UNIX mudah diadaptasikan ke system komputer yang lain
2.    Multiuser
Sejumlah pemakai (user) dapat menggunakan istem secara bersamaan dan berbagi sumber seperti penggunaa  printer, disk, dll.
3.    Multitasking
Kemampuan system operasi yang memungkinkan seseorang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat yang bersamaan
4.    Sistem File Hirarkikal
Pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses

Kelemahan system UNIX
1.      Visualisasinya tidak menarik
2.      memory yang digunakan besar



struktur perangkat keras

Keterangan :
1.    Konsol
Piranti yang terdiri dari layar dan keyboard yang dipakai oleh manajer system administrator system untuk mengontrol operasi sistem.

2.    terminal
Piranti yang terdiri dari layar dan keyboard yang biasa digunakan oleh penakai untuk berinteraksi dengan system.

3.    Jalur Komunikasi
Piranti yang  biasa digunakan untuk menghubungkan terminal jarak jauh ke system UNIX.

4.    Modem
Piranti untuk mengubah sinyal digital (komputer) menjadi sinyal analog (telepon) dan sebaliknya.

5.    Server
Piranti yang  merupakan otak dari system yang berisi system UNIX, program aplikasi, memory dll.




Struktur perangkat lunak

Keterangan :
1.    Kernel
Inti dari system UNIX yang mengontrol perangkat keras dan melaksanakan berbagai fungsi level rendah. Fungsi yang dilaksanakan seperti :
-       tanggal dan jam system
-       manajemen file dan penanganan security
-       operasi input/output
-       manajemen memori
-       penganganan kesalahan dan interupso
2.    Shell
Penterjemah pada system UNIX yang merupakan jembatan antara pemakai dan system UNIX.
Ada tiga macam Shell yang terkenal yaitu :

3.    Utilitas
Program yang disediakan system UNIX untuk melaksanakan tugas tertentu, seperti :
-     manajmen file dan directory
-     penyuntingan file
-     penunjang komunikasi dan jaringan
-     administrasi system
-     penganalisis unjuk kerja system
-     untuk keperluan backup dan restore
4.    Program Aplikasi
Program – program yang dibuat oleh pemakai untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Masuk ke Sistem UNIX
Proses untuk masuk ke system UNIX biasa disebut LOGIN atau LOGGING IN atau SIGN ON.
Proses ini diawali dengan tampilan prompt login seperti :
            login    : -
Berikutnya system UNIX akan menanyakan password :
Contoh :
            login : ahmad <enter>
            password : (tidak tampak paa saat diketik)
            login incorrect (tampil jika password salah)
            wait for login retry :
            login    : -
catatan :
hubungi administrator system jika password lupa

Keluar dari Sistem
Proses untuk keluar dari system UNIX biasa diesebut LOGOUT atau LOGGING OUT
Berikut table logging out berdasarkan shell :


2.    Bahasa Komputer
Bahasa komputer sering juga disebut dengan bahasa pemrograman adalah perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.

bahasa pemrograman hanya dapat dibuat dan dibaca dengan menggunakan komputer, sehingga programmer harus paham dalam penggunaan bahasa ini. Dalam pembuatan program untuk memenuhi pesanan pelanggannya, seorang programmer sangatlah mahir dalam penggunaan bahasa programmer. Dalam perkembangan bahasa pemrograman, terdapat empat tahapan yang dikenal. Setiap tahapan ada ciri-ciri khusus yang dimiliki tahapan tersebut. Tahapan bahasa pemrograman adalah:

1.    Bahasa generasi pertama, pada perkembangan bahasa pemrograman tahap satu dan dua digolongkan sebagai bahasa tingkat rendah (low level language). Hal ini dikarenakan oleh bahasa yang sukar dipahami oleh pemrogaman. Bahasa pemrogaman yang dibuat pada penerasi pertama  yang dikhususkan untuk pembuatnya saja. Mengapa disebut bahasa rendah? Karena bahasanya menggunakan bahasa mesinmisalnya adalah kkode biner yang menggunakan angka terdiri dari 0 sampai 9.

2.    Bahasa generasi kedua, bahasa ini sering disebut dengan bahasa assembler karena bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan yang sudah mulai dipahami meski tetap sulit terutama bagi pemula.

3.    Bahasa generasi ketiga, merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini karena dalam bahasa pemrograman ini menggunakan bahasa sehari-hari (bahasa inggris), mulai saat ini bahasa mesin dikategorikan sebagai bahasa tingkat tinggi karena mudahnya memahami bahasa pemrograman tersebut.

4.    Bahasa generasi keempat, bahasa ini lebih mudah lagi untuk segala jenis tingkat pengguna mulai dari yang beginer sampai dengan yang expert karena bahasa pemrograman ini sudah disertai dengan library atau sekumpulan prosedur siap kerja. Bahasa ang berorientasi objek adalah sebutan lain untuk bahasa pemrograman ini.

3.    Program Aplikasi
Merupakan program yang dibuat oleh programmer yang tujuannya adalah untuk kepemilikan secara umum/massal tiap individu bisa untuk mendapatkan aplikasi ini dengan syarat dan ketentuan tertentu.



Program Aplikasi Berdasarkan Kepemilikannya
a)      Perangkat lunak yang dilindungi hak cipta, terdiri atas:
o    Komersial, merupakan aplikasi yang tidak gratis sehingga harus membeli dahulu untuk dapat menggunakannya.
o    Shareware, merupakan aplikasi yang bersifat komersial hanya saja pengguna diberi fasilitas untuk mencobanya secara gratis dalam jangka waktu tertentu sebelum membelinya.
o    Freeware, merupakan aplikasi non komersial dan gratis sehingga pengguna dapat menggunakannya secara bebas tanpa perlu membelinya.
o    Rentalware, merupakan aplikasi komersial yang dijual dengan cara dipinjam dalam jangka waktu tertentu.

b)      Perangkat lunak yang tidak dilindungi hak cipta, terdiri atas:
o  Public domain, yaitu aplikasi yang bersifat terbuka untuk semua orang baik kode program maupun programmnya sehingga pengguna dapat dengan bebas untuk menggunakannya maupun memodifikasinya. Biasanya perangkat lunak jenis ini disebut open source.
o  Closed source, yaitu aplikasi yang bersifat tertutup kode sumbernya untuk semua orang. Biasanya aplikasi jenis ini bersifat komersial dan kode sumbernya dilindungi oleh hak cipta. Orang lain tidak dapat mengetahui atau melihat kode sumbernya, karena dari pihak pengembang hanya merilis program dalam kode biner atau dalam bentuk executable.
Perangkat Lunak Perkantoran
Perangkat lunak perkantoran atau kadang disebut sebagai perangkat lunak produksi adalah perangkat lunak yang digunakan secara umum untuk proses produksi dan administrasi pada organisasi, perorangan, dan perkantoran. Perangkat lunak jenis ini paling banyak digunakan untuk aplikasi perkantoran maupun perorangan. Perangkat lunak aplikasi jenis ini sangat banyak dibutuhkan oleh para pengguna komputer karena fungsinya yang sangat luas dan dibutuhkan oleh hampir semua jenis intansi.
Merupakan jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah dokumen teks. Contoh dari perangkat lunak ini adalah:
o   Microsoft Word, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o   Open Office Writer, bersifat open source oleh OpenOffice.org.
o   Staroffice Writer, bersifat komersial dan diproduksi oleh Sun Microsystems, Inc.
o   AppleWorks Word Processing, bersifat komersial untuk komputer Apple Macintosh.
o   Word Perfect, bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o   Lotus Word Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh IBM Lotus Software.
Merupakan jenis perangkat lunak untuk pengolahan data matematis, misalnya untuk perhitungan data nilai yang dapat secara langsung dibuat laporannya. Contoh dari perangkat lunak ini adalah:
o   Microsoft Excell, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o   Open Office Calc, bersifat open source oleh OpenOffice.org.
o   Staroffice Calc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Sun Microsystems, Inc.
o   AppleWorks Spreadsheet, bersifat komersial untuk komputer Apple Macintosh.
o   Quattro Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o   Lotus 1-2-3, bersifat komersial dan diproduksi oleh IBM Lotus Software.
Perangkat lunak presentasi, adalah perangkat lunak untuk melakukan presentasi baik grafik maupun teks. Contoh dari perangkat lunak jenis ini adalah:
o   Microsoft Powerpoint, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o   Open Office Impress, bersifat open source oleh OpenOffice.org.
o   Staroffice Impress, bersifat komersial dan diproduksi oleh Sun Microsystems, Inc.
o   AppleWorks Presentation, bersifat komersial untuk komputer Apple Macintosh.
o   Corel Presentation, bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o   Lotus Freelance Graphics, bersifat komersial dan diproduksi oleh IBM Lotus Software
Merupakan jenis perangkat lunak untuk melakukan penyimpanan berbagai macam atau tipe data agar dapat diolah kembali dengan mudah. Contoh dari tipe data yang dapat disimpan adalah: string (kata), angka, biner, datetime, image, file, dll. Saat ini banyak sekali jenis perangkat lunak basis data mulai dari yang bersifat lokal, client server, maupun terdistribusi.
Saat ini juga telah berkembang berbagai jenis database manager atau Database Management System (DBMS) yang memiliki banyak keunggulan.  Keuntungan dari penggunaan basis data adalah meningkatkan integritas data dan mengurangi redundansi data. Contoh dari perangkat lunak basis data adalah:

o   Microsoft Access, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o   MySQL, bersifat opensource dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o   Sybase, bersifat komersial dan diproduksi oleh Sybase Inc.
o   Oracle, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o   Microsoft SQL Server, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o   PostgreSQL, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
Document management system atau sistem pengelolaan dokumen adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk menelusuri dan menyimpan data atau image dari dokumen kertas. Contoh dari perangkat lunak ini adalah:
o   Microsoft Document Imaging, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o   doQuments, bersifat komersial dan diproduksi oleh Itaz Corp.
o   DocMoto, bersifat komersial dan diproduksi oleh CHL Software.
o   infoRouter, bersifat komersial dan diproduksi oleh  Active Innovations, Inc.
Text editor adalah jenis perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk menyunting plain text. Hal yang membedakan antara word processor dan text editor adalah text editor tidak melakukan pengelolaan terhadap format dokumen, seperti font, warna, index, dll. Contoh dari perangkat lunak ini adalah:
o   Notepad, bersifat komersial dan masuk dalam paket sistem operasi Microsoft Windows.
o   Editplus, bersifat komersial dan diproduksi oleh ES Computing.
o   Ultraedit, bersifat komersial dan diproduksi oleh IDM Computer Solutions.
o   Jedit, bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
Vi, merupakan text editor dengan tampilan text base pada sistem operasi linux. Bersifat opensource dan dibawah lisensi GNU General Public License.

·         Program akuntasi
Program ini digunakan untuk data yang berhubungan dengan data-data akuntansi. Dengan program ini, data transaksidapat diproses untuk menyediakan laporan keuangan maupun menampilkan data keuangan lainnya. Contoh perangkat lunak ini antara lain:
o    DEA
o    Pacioli 2000
o    Platinum

·         Program penjadwalan
Program ini digunakan melaksanakan pengelolaan suatu proyek atau pembangunan. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk monitoring setiap pekerjaan yang terstruktur yang telah ditetapkan sebelumnya.
·         Program statistik
Program ini digunakan untuk mengolah data-data yang berhubungan dengan statistika. Dengan asanya aplikasi ini maka data bisa diolah menjadi informasi yang lebih berguna misalnya data penelitian.

1 comments:

  1. Kunjungi juga Wisata DI Tulungagung

    http://holatulungagung.blogspot.com/2015/08/kolam-alam-di-pantai-kedung-tumpang.html

    ReplyDelete