IKLAN JASA

SALING KEEERGANTUNGAN DAN KEUNTUNGAN DARI PERDAGANGAN
Pertanyaan dan Soal Aplikasi

MAKALAH


Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pengantar Ekonomi Mikro
 Yang dibina oleh Bapak Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si.




Oleh Kelompok III :
Robbin Christian                 ( 209412421033)
Nico Novianta Permana      ( 209412421035)
Aning Drastari                             ( 209412421036)
             



um










UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN
MEI 2010




PERTANYAAN :
Soal !
1.      Jelaskan perbedaan keunggulan absolut dengan keunggulan komparatif?

Jawaban!
     Keunggulan Absolut adalah keuntungan yang dimiliki oleh suatu negara  atau daerah atas negara atau daerah lain dalam memproduksi suatu produk disebabkan oleh adanya keunggulan atau kelebihan yang dimilikinya yang tidak dimiliki oleh negara atau daerah lain tersebut misalnya karena faktor tenaga kerja yang melimpah dan murah, dan sumber alam.
Dengan kata lain keuggulan absolut dilihat dari produsen yang membutuhkan input lebih sedikit untuk memproduksi suatu barang maka produsen dalam suatu negara dikatakan memiliki keunggulan absolut.

Keunggulan komparatif adalah perbandingan antara produsen suatu barang menurut biaya kesempatan mereka. Biaya kesempatan paling rendah memiliki keunggulan kompratif di dalamnya.

Soal!
2.      Beri sebuah contoh diamana seseorang memiliki keunggulan absolut ada orang lain yang memiliki keunggulan komparatif?

Jawaban!
            Contoh keunggulan absolut.
Si  A dapat memproduksi 2 pizza dalam waktu 2 jam. Selama 2 jam yang sama ia dapat membuat 10 root beer.
Untuk perbadingan si B dapat produksi 2 pizza dalam waktu 4 jam. Dalam waktu 4 jam ia dapat pula menghasilkan 8 root beer.
v  Pada contoh ini, si A yang memiliki keunggulan absolut karena dalam waktu relatif singkat dibanding lainnya.



Contoh keunggulan komparatif.
Dari contoh perbandingan diatas. Didapat hasil biaya kesempatan untuk memproduksi pizzza adalah 10 root beer. Dan biaya kesempatan untuk si B dalam memproduksi pizza yaitu 8 root beer.
v  Maka, keunggulan kompratif dilihat dari biaya kesempatan terendah yaitu si B.


Soal!
3.      Mana yang lebih penting bagi perdagangan keunggulan absolut/ keunggulan komparatif?jelaskan alasan anda menggunakan contoh pada jawaban pertanyaan sebelumnya!

Jawaban!
        Keunggulan komparatif,sebab membuat semua orang mencapai kondisi yang lebih baik dengan memberi mereka kesempatan untuk mengkhususkan  diri melakukan kegiatan yang keunggulan komparatifnya mereka miliki/ spesialisasi dalam produksi. Keunggulan komparatif juga memperlihatkan mana barang yang memiliki biaya kesempatan lebih kecil untuk diproduksi suatu negara sehingga dengan menggunakan keunggulan komparatif negara mengetahui barang yang unggul dan keuntungan barang yang akan diproduksi.

Soal!
4.      Akankah sebuah bangsa cenderung mengekspor/ mengimpor barang yang mereka miliki keunggulan kompartifya?jelaskan!

Jawaban!
Jika bangsa memiliki keunggulan komparatif maka akan cenderung lebih banyak lagi memroduksi barang dari yang dibutuhkannya baik untuk penggunaannya sendiri dalam negeri dan uga sebagian di ekspor ke luar negeri.   Bangsa mengekspor barang, karena perkiraan harga barang yang diekspor jauh lebih tinggi dari harga yang dipasarkan dinegeri sendiri,selain itu dengan mengekspor berarti bangsa itu telah mampu dan yakin jika output produksi terhadap suatu barang x lebih berkualitas dan kompeten dari negara lain. Dengan demikian suatu bangsa ketika memiliki keunggulan komparatif terhadap suatu barang cenderung sebagian dikonsumsi dan sbagian di jual ke pasar asing agar bangsa itu sendiri dapat menukar dengan produk lain dari luar yang sekiranya bangsa lain lebih unggul dalam mutu.

Soal!
5.      Mengapa para ekonom menolak kebijakan yang membatasi perdagangan antar negara!

Jawaban!
          Para ekonom membatasi perdagangan antar negara tujuan utamanya yaitu untuk melindungi produk dalam negeri dan warga di dalam suatu negara. Karena semakin suatu negara bebas melakukan perdagangan tanpa membatasi barang import ketika produk dalam negeri kalah bersaing alhasil dampak negatif di seluruh aspek akan terjadi terutama dalam dunia perekonomian suatu bangsa.
        Sementara itu Tidak semua perdagangan antar negara menguntungkan, perdagangan antar bangsa dapat membuat kondisi beberapa individu/ warganya menjadi  lebih buruk, walaupun membuat kondisi keseluruhan negara lebih baik. Ketika negara mengekspor makanan dan mengimpor mobil, maka pengaruh antara petani dan pekerja industri tentulah berbeda.



SOAL DAN APLIKASI

Soal!
1.      Perhatikan petani dan peternak dari contoh bab ini. Jelaskan mengapa biaya kesempatan petani untuk memproduksi 1 ons daging adalah 4 ons kentang. Jelaskan mengapa biaya kesempatan peternak untuk memproduksi 1 ons daging adalah 2 ons kentang.
     





Jawaban:
      Table 1.
      Kesempatan produksi peternak dan petani.
     

Daging
Kentang
Petani
60 menit/ons
15 menit/ons
peternak
20menit/ons
10menit/ons
     
     

Biaya kesempatan kentang petani
      Produksi 1 ons kentang butuh waktu 15 menit. Saat petani menghabiskan 15 menit. Karena petani menghabiskan waktu 60 menit untuk memproduksi 1 ons daging maka 15 menit kerja akan menghasilakan ¼ ons daging. Oleh karena itu biaya kesempatan untuk produksi kentang adalah ¼ ons daging.

Biaya kesempatan kentang peternak.
      Produksi 1 ons kentang butuh waktu 10 menit. Saat peternak menghabiskan 10 menit memproduksi kentang, peternak menghabiskan waktu 10 menit tanpa memproduksi daging karena peternak menghabiskan 20 menit memproduksi 1 ons daging. 10 menit kerja menghasilkan ½ ons daging, jadi biaya kesempatan peternak 1 ons kentang adalah ½ ons daging.

Biaya kesempatan daging peternak.
      Dari biaya kesempatan kentang dapat dilihat untuk produksi 1 ons kentang membebani ½ ons daging maka 1 ons daging membebani 2 ons kentang.

Biaya kesempatan daging petani.
      Dari biaya kesempatan kentang dapat dilihat untuk produksi 1 ons kentang membebani ¼ ons daging maka 1 ons daging membebani 4 ons kentang.



Soal !
2.      Maria dapat membaca buku ekonomi 20 halaman buku ekonomi dalam waktu 1 jam. Ia juga dapat juga membaca 50 halamn buku sosiologi dalam waktu 1 jam. Ia menghabiskan waktu 5 jam sehari untuk belajar.
a. Gambarkan kurva batas kemungkian produksi Maria untuk membaca mengenai ekonomi dan sosiologi.
            b. Apa biaya kesempatan biaya Maria untuk membaca 100 halaman sosiologi.

Jawaban!
a.                                       ekonomi                                  sosiologi
maria
20 hal/jam
50 hal/jam

      Ket: jika maria 5 jam hanya belajar sosiologi maka jumlah hal. Buku yang dibaca 250 hal(sumbu horiontal). Dan sebaliknya ketika ia hanya belajar ekonomi dalam waktu 5 jam maka jumlah hal.yang dibaca 100 hal(sumbu vertikal).


1.1  kurva batas kemungkinan produksi maria


















                Kurva batas kemungkinan diatas memperlihatkan kombinasi
Mengenai membaca sosiologi dan ekonomi. Batas kemungkinan produksi berasal dari tabel diatas dan asumsi bahwa maria membaca keduanya masing-masing 5 jam.

b.  Untuk membaca 100 hal buku sosiologi dibutuhkan waktu 2jam karena dalam sehari maria butuh waktu 1 jam untuk membaca 50 hal. maka dalam waktu 2 jam ia mengorbankan waktu 2jam tidak membaca ekonomi. Dengan kata lain biaya kesempatan maria untuk membaca 100 hal sosiologi adalah 40 hal ekonomi.

Soal!
3.      Pekerja Amerika dan Jepang masing-masing dapat menghasilkan 4 mobil setahunng pekerja amerika dapat memproduksi 10 ton biji-bijian setahun sedang pekerja jepang dapat menghasilkan 5 ton biji-bijan setahun. Untuk menyederhanakan maalah asumsikan masing-masing negara memilii 100juta.
a. untuk situasi seperti ini buat sebuah tabel yang serupa dengan tabel 1.
b. Gambarkan kurva batas kemungkinan produksi ekonomi dari amerika dan jepang.
c. Untuk AS, apa yang menjadi biaya ksempatan sebuah mbil dan biji-bijian? Untuk jepang apa yang menjadi biaya kesempatan sebuah mobil dan  biji-bijian? Tuliskan informasi ini pada sebuah tabel yang serupa dengan tabel 3.
d. Negara mana yang memilki keunggulan absolut dalam memproduksi mobil? Dalam produksi bijian?
e. Negara mana yang memiiki keunggulan komparatif dalam produksi mobil?   Dalam produksi biji-bijian?
f. Tanpa perdagangan setengah dari jumlah pekerja masing-masing produksi negara memproduksi mobil dan setengahnya lagi produksi biji-bijian, berapa jumlah masning-masing mobil dan biji-bijian yang diproduksi masing-masing negara?




Jawaban!
                                                                                                     
a.       Tabel 1.

      (/PEKERJA)

MOBIL
BIJI-BIJIAN
AMERIKA
4 BUAH
10 TON
JEPANG
4 BUAH
5        TON

b.      Kurva batas kemungkinan produksi.
1.1  kurva batas kemungkinan produksi Amerika.









                                                                                                                          
                
                  1.2 kurva batas kemungkinan produksi Jepang.
                                                                                                                    
Rounded Rectangle: Mobil/buah

              
              4

      
              2
              
            
                0                 2,5               5 biji-bijian/ton                     















c.        

                                Biaya kesempatan masing Negara per pekerja


1 MOBIL/PEKERJA
1 BIJI-BIJIAN/PEKERJA
AMERIKA
2,5 TON BIJI-BIJIAN
0,4 BAG. MOBIL
JEPANG
1,25 TON BIJI-BIJIAN
0,2 BAG.MOBIL


Ket:
AS: Mobil           1/4  x 10 = 2,5 ton
       Biji-bijian    1/10 x 4= 0,4 bag. Mobil

Jepang: Mobil    1/4 x 5 = 1,25 ton
             Biji-bijian 1/5 x 4 = 0,2 bag. Mobil


d.. Keunggulan absolut mobil yaitu Amerika dan Jepang. Karena input tenaga kerja yang sama dapat menghasilkan jumlah output yang sama.

     Keunggulan absolut biji-bijian yaitu Amerika karena input tenaga kerja yang sama dengan Jepang tapi dapat mennghasilkan output lebih besar.

e. Keunggulan komparatif kedua negara dilihat dari biaya kesempatan paling kecil.

v Keunggulan komparatif dalam mobil yaitu Jepang, karena jepang memiliki biaya kesempatan paling rendah dibanding Amerika.

v  Keunggulan komparatif dalam biji-bijan yaitu jepang karena memiliki biaya kesempatan paling dari mobil paling kecil dibanding amerika.

f. Produksi tanpa perdagangan.

    Amerika : 1 pekerja = 4 mobil                            1 pekerja = 10 ton biji-biijian
100ta pekerja = 400 juta mobil                                100 juta pekerja= 1000 ton bijian

v  Jika, setengah pekerja maka produksi mobil 50 juta pekerja = 200 mobil.
                        Setengah pekerja amerika produksi bijian, 50 juuta pekerja= 500 ton

    Jepang : 1 pekerja = 4 mobil                           1 pekerja = 5 ton biji-bijian
               100 juta pekerja = 400 juta mobil            100 juta pekerja= 500 ton bijian

v  Jika, setengah pekerja maka produksi mobil Amerika 200 juta mobil dan jepang 250 ton biji-bijian.


Soal!
4.      Pat dan Kris adalah teman sekamar. Merea menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar, tetapi mereka menyisakan waktunya untuk membuat pizza dan root beer. Pat membutuhkan 4 jam untuk membuat satu galon root beer dan 2 jam membuat pizza. Kris membutuhkan waktu 6 jam membuat satu galon root beer dan 4 jam untuk membuat pizaa.
a.           Apa biaya kesempatan masing-masing untuk membuat sebuah pizza? Siapa yang memiliki keunggulan absolut dalam membuat pizza? Siapa yang memiliki keunggulan komparatif dalam membuat pizza?
b.           Jika pat dan kris berdagang satu sama lain, siapa yang akan memberikan pizaa untuk ditukarkan dengan root beer?
c.           Harga pizza dapat dinyatakan dalam satuan galon root beer. Berapa harga tertinggi pizza yang dapat ditukar sehingga keduanya diuntungkan? Berapa harga terendahnya?





Jawaban!
a.       Biaya kesempatan pizza.
v  Biaya kesempatan pat.
Biaya kesempatan untuk membuat pizza adalah ½ root beer. Didapat dari 2/4 jam x 1 = ½ root beer.

v  Biaya kesempatan kris.
Biaya kesempatan untuk membuat pizza adalah 2/3 root beer. Didapat     dari 4/6 jamx 1 = 2/3 root beer.
Kunggulan absolut
v  Keunggulan absolut dimiliki oleh pat karena dalam memproduksi sebuah pizzza hanya butuh waktu paling sedikit daripada kris yaitu 2 jam dapat menghasilkan 1 pizza sedang kris 4 jam membuat pizza.

Keunggulan komparatif
v  Keunggulan komparatif dimiliki oleh pat karena dia memiliiki biaya kesempatan lebih kecil dari kris. Yaitu yang dikorbankan hanya ½ root beer untuk membuat sebuah pizza.

b.      Pat akan menukarkan sebuah pizza dengan root beer karena pat memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan absolut dalam membuat sebuah pizza.

c.       Harga tertinggi pizza.

Pat : 2 jam menghasilkan 1 pizza. Dan 4 jam menghasilkan 1 root beer jadi harga pizza pat yaitu setengah root beer.

Kris : 4 jam menghasilkan 1 pizza dan 6 jam menghasilkan 1 root berr. Jadi harga pizza kris yaitu 2/3 root beer.

Jika keduanya saling diuntungkan maka harga tertiggi sebuah pizza yaitu 7/6 root beer.
 Keuntungan pada pat : harga semula ½ root beer ketika harga tertinggi untuk dijual 7/6 maka dia mendapat keuntungan 2/3 root beer.
Sedangkan kris : semula harga pizza 2/3 roor beer ketika haraga tertinngi untuk dijual 7/6 root beer maka keuntungannya ½ root beer.
Harga terendah
v  Harga terendah yaitu ½ root beer karena pada harga ini merupakan harga terendah dari satunya. Walaupun pizza dijual dengan harga tersebut tetap tidak rugi tapi tidak untung.

Soal!
5.      Anggap ada 10 juta pekerja di kanada dan setiap pekerja dapat memproduksi 2 buah mobil dan 30 gantang gandum setahun.
a.       Apakah biaya kesempatan untuk memproduksi sebuah mobil di kanada? Apakah biaya kesemapatn untuk memproduksi segantang gandum di kanada? Jelaskan hubungan antara biaya kesempatan kedua barang ini.
b.      Gambarkan kurva batas kemungkinan produksi di kanada. Jika kanada memilih untuk mengkonsumsi 10 juta mobil, berapa banyak gandum yang dapat dapat dikonsumsi tanpa perdagangan? Tandai titik ini pada kurva batas kemungkinan produksi.
c.       Sekarang anggap amerika menawarkan membeli 10 juta mobil dari kanada untuk ditukarkan dengan 20 gantang gandum per mobil. Jika kanada tetap mengkonsumsi 10 juta mobil, berapa banyak gandum yang dikonsumsi kanada. Tandai titik ini pada diagram yang anda buat. Apakah kanada sebaiknya menerima tawaran ini.

Jawaban!
a.       Biaya kesempatan mobil : 1/2 x 30 gantang = 15 gantang
Biaya kesemapatan gandum : 1/ 30 x 2 mobil = 1/ 15 bagian mobil

Hubungan biaya kesempatan keduanya, untuk mobil biaya kesempatan 1 buah mobil yaitu 15 gantang gandum. Sementara untuk segantang gandum biaya kesempatannya 1/ 15 bagian mobil. Andai kata sebuah negara mengerti biaya kesemapatan terendah terletak pada produksi mobil atau gandum maka negara tersebut akan mengorbankan baranng yang relatif lebih kecil dari barang lainnya untuk menghasilak output lebih banyak atau maksimal.

b.      Kurva batas kemungkinan produksi.

1 pekerja = 2 mobil dan 30 gantang gandum
10 juta pekerja = 20 juta mobil dan 300 gantang gandum
Jika:
Konsumsi 10 juta mobil maka pekerja sebesar 5 juta pekerja.
Rounded Rectangle: Mobil/ juta



      

      20

      

      10


                                    

                                  150                   300       gandum/gantangKonsumsi gandum dari sisa pekerja yaitu 5 juta pekerja mengahasilkan 150 gandum.















c.       Kurva batas kemungkinan konsumsi gandum.
Sekarang anggap amerika menawarkan membeli 10 juta mobil dari kanada untuk ditukarkan dengan 20 gantang gandum per mobil. Jika kanada tetap mengkonsumsi 10 juta mobil. Maka yang terjadi :













Kesimpulan:
          Jadi sebaiknya kanada menerima tawaran amerika untuk menukarkan 10 juta mobil dengan 20 gantang gandum per mobil. Karena kosumsi gandum kanada meningkat dari 159 gantang gandum menjadi 200 gantang gandum.

Soal!
6.        Bayangkan ada seorang profesor yang sedang menulis buku. Sang profesor dapat     menulis bab-bab bukunya dan mengumpulkan data yang dibutuhkannya lebih cepat daripada siapapun di universitas tersebut. Namun ia tetap saja membayar seorang mahasiswa utuk mengumpulkan data dari perpustakaan. Apakah hal ini masuk akal? Jelaskan.

Jawaban !
Masuk akal. Alasannya ibarat setiap menghasilkan produksi dengan waktu yang relatif lebih cepat tentu membutuhkan tenaga kerja lain/ input tambahan dengan merelakan sebagian keuntungan untuk memberi upah. Sama halnya dengan profesor yang dapat menulis buku dan mengumpulkan data melalui bantuan seorang mahsiswa dengan memberi mahasiwa tersebut upah sebagai imbalannya. Denga kata lain biaya kesemapatan dari sebuah buku yang ditulis dan dikumpulkan prfesor adalah sekian jumlah upah.

Soal!
7.  Inggris dan skotlandia sama-sama memproduksi scone dan sweater. Anggaplah seorang pekerja inggris dapat menghsilkan 50 scone dan 1 sweater per jam. Dan skotlandia mamp u menghasilkan 40 scone dan 2 sweater per jam.
a)        Nagara mana yang memiliki keunggulan absolut dalam produksi masing-masing barang? Negara mana yang memiliki keunggulan komparatif masing- masing barang?
b)        Jika inggris dan skotlandia memutuskan untuk berdagang, komoditas apa yang diperdagangkan skotlandia? Jelaskan.
c)        Jika seorang pekerja skotlandia hanya dapat memproduksi 1 sweater dalam satu jam, akankah skotladia tetap emnadapat keuntungan?akankah inngris tetap mendapat keuntungan?


Jawaban!
a)      *  Keunggulan absolut scone dimiliki oleh inggris karena input ( jam) sama dengan skotlandia tetapi mamu menghasilkan scone lebih banyak.
       *   Keunggulan absolut sweater dimiliki oleh skotlandia karena input (jam) sama dengan inggris tetapi mampu menghasilakan sweater lebih banyak.

·             Scone ; keunggulan komparatif dimiliki inggris karena biaya kesempatan membuat scone lebih rendah dari skotlandia.
·             Sweater : keunggulan komparatif dimiliki oleh skotlandia karena biaya kesempatan membuat sweter lebih rendah dari inggris.

b)                      Skotlandia akan menawarkan produksi sweater karena kunggulan komparatif skotlandia adalah sweater dilihat dari biaya kesempatan terendah.

c)                       Skotlandia dan inggris sama-sama masih mendapat keuntungan kerena dilihat dari keunggulan komparatifnya.tabel beriktu mengambarkan kemungkinan produksi dua kota.


Soal!
8.             Tabel berikut menggambarkan kemungkinan produksi dua kota pada suatu negara.
     Jumlah pasang                                                 Jumlah pasang
                       kaos kaki merah                                               kaos kaki putih
     per jam                                                            per jam




boston               3                                                                     3
chicago             2                                                                      1

a)      Tanpa perdagangan, berapa harga kaos kaki putih?(dinyatakn dalam banyaknya kaos kaki merah) di boston. Berapakah harganya di chicago?
b)      Kota mana yang memiliki keunggulan absolut dalam memproduksi masing-masing kaos kaki? Kota mana yang memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi masing-masing kaos kaki?
c)      Jika kota-kota tersebut berdagang satu sama lain, kaos kaki mana yang akan diekspor oleh masing-masing kota?
d)     Berapa kisaran harga yang memungkinkan terjadinya perdagangan?

Jawaban!
a)    Harga kaos kaki putih di boston: 3 kaos kaki merah/ jam
Harga kaos kaki putih di chichago: 2 kaos kaki merah/jam
b)                  Keunggulan absolut kaos kaki putih: kota boston
Keunggulan absolut kaos kaki merah: kota boston
Keunggulan komparatif kaos kaki putih : kota boston karena biaya kesempatan  lebih rendah dibanding chicago.
Keunggulan komparatif kaos kaki merah: kota chicagho karena biaya kesempatan lebih rendah daripada boston.
c)    Kota boston akan mengekspor kaos kaki putih karena keunggulan komparatifnya.
Kota chocago akan mengekspor kaos kaki merah karena keunggulan komparatifnya.
d)   Kisaran harga 3 kaos kaki putih : 2 kaos kaki merah atau 2 kaos kaki merah : 3 kaos kaki putih.
         
Soal!
9.        Anggap semua barang dapat diproduksi dengan waktu kerja yang lebih sedikit di jerman daripada perancis.
a)      Dari sisi manakah kita dapat berkata bahwa biaya untuk sebagian jenis barang di jerman lebih rendah daripada perancis?
b)      Dari sisi manakah kita dapat berkata bahwa biaya untuk sebagian jenis barang di perancis lebih rendah daripada di jerman?
c)      Jika jerman dan perancis berdagang satu sama lain, apakah kedua negara akan diuntungkan? Jelaskan dalam konteks jawaban anda untuk bagian a dan b?


Jawaban!
a)      Dapat dikatakan bahwa biaya-biaya untuk semua barang di jerma lebih rendah karena dapat dilihat dari waktu kerja di jerman yang lebih sedikit dari di perancis, dari sedikitnya waktu kerja maka biaya untuk produksi (berkaitan dengan biaya operasi industri atau pabrik), pekerja( berkaitan dengan jam kerja) akan relatif lebih rendah dibandingkan perancis yang memiliki waktu kerja relatif lama. Jadi biaya yang dikeluarkan untuk pekerja dan operasi industri juga bertambah.
b)      Dapat dikatakan biaya-biaya untuk sebagian barang di perancis lebih rendah dapat dilihat dari waktu kerja yang lebih lama. Lamanya waktu kerja dipengaruhi jumlah pekerja yang relaif lebih sedikit, jadi biaya yang dikeluarkan untuk gaji pekerja juga lebih rendah atau alat produksi yang kualitasnya dibawah jerman, jadi harga alat produki lebih rendah.
c)      Bisa juga mereka saling menguntungkan karena mereka bisa bekerja dengan menggabungkan prinsip kerja masing-masing yang bisa jauh membuat efektif, yaitu dengan biaya yang rendah dan hasil memuaskan.
Bisa juga tidak merasa diuntungkan karena mereka sudah terbiasa dengan masing-masing prinsip mereka dan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan dari masing-masing yang tidak bisa dirubah lagi.

Soal!
10.    Apakah pernyataan berikut ini benar atau salah? Jelaskan untuk setiap kasus.
a)      “dua negara dapat memperoleh keuntungan dari perdagangan walaupun salah satu negara memiliki keunggulan absolut dalam memproduksi semua barang”.
b)      “orang-orang tertentu dengan bakat yang besar memiliki keunggulan komparatif dalam setiap hal yang mereka lakukan.”
c)      “jika perdagangan menguntungkan untuk satu pihak, maka untuk pihak yang lain tidak menguntungkan.”

Jawaban!
a)        Salah. Keuntungan – keuntungan dari perdagangan didapat dari perhitungan keunggulan komparatif bukan keunggula absolut.
b)        Benar. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki jiwa besar, tangguh, percaya diri, optimis, leadership dan entrepeneurship yang memiliki kesempatan sukses dan keunggulan komparatif dalam suatu produksi.
c)        Salah. Prinsip dalam perdagangan pihak satu sama lain saling menguntungkan. Jika satu pihak saja yang diuntungkan pastinya perdagangan lebih baik dihentikan.

5 comments:

  1. Terima kasih telah membantu saya....
    berkat blog anda tugas saya bisa terselesaikan...

    ReplyDelete
  2. kayanya salah dah..cara ngitungnya.....

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ya telah membantu saya dalam mengerjakan tugas :D

    ReplyDelete
  4. mas bisa dikirim ke emailku ngga?soalnya kurvanya ngga kebaca

    ReplyDelete