Saturday, 7 January 2017

Makalah PPL SMK bab 3



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengumpulan data-data dari beberapa metode yang digunakan serta dengan memperhatikan hasil analisis, diagnosis, prognosis, dan pemberian layanan kesulitan belajar kepada siswa kasus, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

1.      Permasalahan yang dihadapi klien dalam mengikuti pembelajaran MITK di kelas adalah:
a.   Klien tidak mau bertanya apabila mengalami kesulitan dalam belajar di kelas.
b.  Klien sering ngobrol dengan ketika proses belajar mengajar berlangsung.
c.   Klien kurang berminat pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas.
d.  Klien tidak dapat memanfaatkan waktu luang dengan baik dan sering dipergunakan untuk hal-hal yang kurang penting.
e.   Klien sering merasa cemas apabila mendapat giliran untuk maju.
2.      Faktor-faktor penyebab klien mengalami kesulitan dalam pembelajaran MITK di kelas adalah:
a.    Klien sering merasa kurang percaya diri, takut, grogi untuk bertanya.
b.    Klien tidak menyukai karakter dari guru bidang studi  sehingga hal tersebut mempengaruhi prestasi belajar siswa di kelas.
c.    Klien  tidak mengetahui cara belajar yang baik dan cara memanfaatkan waktu dengan tepat.
3.      Pemberian bantuan yang telah dilaksanakan berupa pemberian pembagian waktu untuk klien agar digunakan dengan sebaik-sebaiknya sehingga waktu istirahat atau bermain dengan waktu belajar seimbang. Pada saat pemberian bantuan klien diberi nasehat agar dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar dan memberikan cara belajar yang baik.

B.     Saran
1.      Bagi Klien
a.  Apabila mengalami kesulitan materi pelajaran sebaiknya segera ditanyakan dan diselesaikan.
b.  Hendaknya belajar yang teratur baik secara kelompok maupun secara individu.
c.  Bila memiliki masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri hendaknya meminta bantuan kepada guru, wali kelas, maupun guru BK.
d. Memupuk semangat terus maju agar dapat mencapai cita-cita di masa yang akan datang.
e.  Jika klien memerlukan bantuan dalam belajar di rumah, klien dapat les privat.
f.   Mengurangi waktu untuk melakukan hal-hal yang kurang mendukung dalam belajar, seperti membaca kom,ik, menonton TV, olahraga yang berlebihan dan jalan-jalan.
2.      Untuk guru/wali kelas
a.  Guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga pembelajaran tidak berlangsung dalam keadaan tegang dan siswa sebagai peserta didik merasa merasa enjoy dalam mengikuti pembelajaran.
b.  Guru dapat memberikan pengertian dan perhatian khusus kepada siswa yang bermasalah dan berusaha mendorong semangat belajar siswa sehingga siswa bisa aktif dalam proses belajar mengajar.
c.  Adanya tindak lanjut khusus dari layanan kesulitan belajar ini, agar proses kesulitan belajar tidak berhenti begitu saja dan dapat diketahui sejauh mana keberhasilan layanan yang diberikan.
3.      Untuk orang tua
a.  Orang tua hendaknya terus memonitor belajar anaknya, memanfaatkan waktu luang yang sedikit dengan motivasi dan dorongan yang berkualitas.
b.  Orang tua mengadakan komunikasi dengan pihak sekolah, sehingga proses belajar mengajar terus dapat dipantau.
c.  Orang tua memfasilitasi klien dengan mendatangkan guru privat untuk klien.
d. Orang tua seharusnya membatasi waktu klien yang banyak digunakan untuk bermain.


No comments:

Post a Comment