IKLAN JASA

Home » » Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang pada Mata Pelajaran Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi)

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang pada Mata Pelajaran Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi)

ABSTRAK

Handayaningsih, Sri. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang pada Mata Pelajaran  Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi). Skripsi, Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. FE. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. I Nyoman Suputra, M.Si (2) Drs. Sarbini


Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, think pair share (TPS), hasil belajar.
Guru memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Berangkat dari fakta yang diperoleh peneliti selama observasi di SMK Muhammadiyah 2 Malang khususnya pada mata pelajaran Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi siswa kelas X masih disampaikan dengan metode ceramah. Dari sini peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkat dengan dikembangkannya model ini dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkat setelah diterapkan model pembelajaran TPS. Peneliti mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang termasuk dalam penelitian kualitatif. Adapun tahapan-tahapan yang terdapat dalam PTK adalah tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan diakhiri dengan tahap refleksi untuk menilai kemajuan dan ketuntasan belajar siswa. Data-data yang dipergunakan untuk menilai proses selama PTK berlangsung bersumber dari nilai siswa, data observasi aktivitas guru dan siswa. Data hasil wawancara, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh adanya peningkatan nilail rata-rata dari ranah kognitif siswa pada pre test materi teknik bertanya yang efektif 53,35 % menjadi 71,41 % pada post test pertama dengan materi yang sama. Pada saat peneliti melanjutkan ke siklus II terjadi peningkatan skor post test kedua menjadi   82,49 %. Respon yang diberikan peserta didik juga sangat positif yang diperoleh dari wawancara yang diberikan.
Pada akhir kegiatan penelitian yang dilakukan, akhirnya dapat disimpulkan bahwa pengembangan metode pembelajaran kooperatif dengan model TPS dalam proses belajar kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kategori tingkat keberhasilan peneliti juga meningkat seiring dengan diterapkannya model TPS ini pada proses belajar siklus I dan siklus II. Tetapi masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi lagi yaitu alokasi waktu yang harus diperhatikan dalam setiap tahapan dalam model TPS ini, motivasi dan arahan pada siswa harus diberikan secara intens untuk memacu semangat dan keberanian siswa, siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatu sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan adanya tindak lanjut dari peneliti berikutnya sangat diharapkan dalam usahanya untuk mengembangkan model TPS ini dalam kegitan belajar mengajar.

0 comments:

Post a Comment