IKLAN JASA

Home » » Pendekatan Dalam Pendidikan Moral

Pendekatan Dalam Pendidikan Moral

Pendekatan   dalam   pendidikan   moral   berkaitan   dengan   bagaimana   cara menyampaikan  nilai-nilai  moral  itu  kepada  peserta  didik.  Terdapat  berbagai klasifikasi yang dipakai para ahli pendidikan moral tentang pendekatan ini. Menurut  Superka  dalam  Teuku  Ramli  (2001),  dikenal  adanya  lima  (5)  jenis pendekatan dalam pendidikan budi pekerti, yaitu :
(1)     Pendekatan penanaman nilai  (inculcation  approach)
(2) Pendekatan  perkembangan  moral  kognitif (cognitive moral development approach)
(3)  Pendekatan analisis nilai (values analysis  approach)
(4)  Pendekatan  klarifikasi  nilai  (values  clarification approach)
(5)   Pendekatan   pembelajaran   berbuat   (action   learning approach).
a.   Pendekatan penanaman nilai (inculcation approach),
Pendekatan penanaman nilai (inculcation approach) adalah suatu pendekatan yang memberi penekanan pada penanaman nilai-nilai sosial dalam diri siswa. Tujuan pendidikan nilai menurut pendekatan ini adalah: 
Pertama, diterimanya nilai-nilai sosial tertentu oleh siswa; Kedua, berubahnya nilai-nilai siswa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial yang diinginkan.  Metoda yang digunakan dalam proses pembelajaran menurut pendekatan ini antara  lain:  keteladanan,  penguatan  positif  dan  negatif,  simulasi,  permainan peranan, dan lain-lain.
b.  Pendekatan  perkembangan  moral  kognitif  (cognitive  moral  development approach),  Pendekatan   ini   dikatakan   pendekatan   perkembangan   kognitif   karena karakteristiknya    memberikan    penekanan    pada    aspek    kognitif    dan perkembangannya.    Pendekatan  ini  mendorong  siswa  untuk  berpikir  aktif tentang  masalah-masalah  moral  dan  dalam  membuat  keputusan-keputusan moral. Perkembangan   moral   menurut   pendekatan   ini   dilihat   sebagai perkembangan  tingkat  berpikir  dalam  membuat  pertimbangan  moral, dari suatu tingkat yang lebih rendah menuju suatu tingkat yang lebih tinggi Tujuan  yang  ingin  dicapai  oleh  pendekatan  ini  ada  dua  hal  yang  utama. Pertama, 

0 comments:

Post a Comment