Jumat, 27 Januari 2012

KETERAMPILAN MENJELASKAN

Menjelaskan adalah mendeskripsikan secara lisan tentang sesuatu benda, keadaan, fakta dan data sesuai dengan waktu dan hukum-hukum yang berlaku. Menjelaskan merupakan suatu aspek penting yang harus dimiliki guru, mengingat sebagian besar pembelajaran menuntut guru untuk memberikan penjelasan. Oleh sebab itu keterampilan menjelaskan perlu ditingkatkan agar dapat mencapai basil yang optimal.

Tujuan Menjelaskan
a. membimbing peserta didik memahami konsep, hukum, prinsip atau prosedur
b. membimbing peserta didik menjawab pertanyaan secara bernalar
c. melibatkan peserta didik untuk berpikir
d. mendapat balikan mengenai pemahaman peserta didik
e. membantu peserta didik menghayati beberapa proses penalaran
Prinsip-Prinsip Menjelaskan
Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam memberikan suatu penjelasan. :

1.    Penjelasan dapat diberikan selama pembelajaran, baik di awal, di tengah maupun di akhir pembelajaran
2.    Penjelasan harus menarik perhatian peserta didik dan sesuai dengan materi standard dan kompetensi dasar
3.    Penjelasan dapat diberikan untuk menjawab pertanyaan peserta didik atau menjelaskan materi standar dan mencapai tujuan pembelajaran
4.    Materi yang dijelaskan harus sesuai dengan komoetensi dasar, dan bermakna bagi peserta didik
5.    Penjelasan yang diberikan harus sesuai dengan latar belakang dan tingkat kemampuan peserta didik

komponen Menjelaskan
a. Komponen merencanakan penjelasan yang mencakup:
1) isi pesan (tema) yang dipilih dan disusun secara sistematis
      disertai contoh-contoh,
2) penerima pesan harus dipertimbangkan karakteristiknya.
b. Komponen menyajikan penjelasan yang mencakup:
1) kejelasan, yang dapat dicapai dengan berbagai cara seperti: bahasa yang jelas, berbicara dengan lancar, mendefinisikan istilah-istilah teknis, berhenti sejenak untuk melihat respon peserta didik
2) penggunaan contoh dan ilustrasi yang dapat mengikuti pola induktif atau pola deduktif
3 )pemberian tekanan pada bagian-bagian yang penting dengan cara: penekanan suara atau mengemukakan tujuan
4) peserta didik diberi kesempatan untuk menunjukkan pemahaman ataupun keraguan ketika penjelasan berlangsung (balikan)
Agar penjelasan yang diberikan dapat dipahami sesuai dengan tujuan yang diharapkan, dalam penyajiannya perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.:
•    kejelasan, yaitu keterampilan yang erat kaitannya dengan penggunaan bahasa lisan,
penggunaan contoh dan ilustrasi, yang bisa dilakukan dengan pola induktif atau deduktif
•    pemberian tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar, dapat
membuat struktur sajian
•    balikan, yang bertujuan untuk mendapat informasi tentang tingkat pemahaman siswa, baik
melalui pertanyaan mapun melalui tugas








KOMENTAR

Keterampilan menjelaskan sangat penting bagi guru karena sebagian besar percakapan guru yang mempunyai pengaruh terhadap pemahaman siswa adalah berupa penjelasan. Penguasaan keterampilan menjelaskan yang didemonstrasikan guru akan memungkinkan siswa memiliki pemahaman yang mantap tentang masalah yang dijelaskan, serta meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Menjelaskan merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan oleh guru dalam menyampaikan informasi. Dalam kegiatan pembelajaran, menjelaskan berarti mengorganisasikan materi pembelajaran dalam tata urutan yang terencana secara sistematis sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh peserta didik. Keterampilan menjelaskan mutlak perlu dimiliki oleh para guru.
Seorang guru harus dapat menjelaskan berbagai hal kepada peserta didiknya. Penjelasan yang disampaikan harus sesuai dengan tingkat kemampuan berpikir peserta didik. Misalnya guru akan menjelaskan konsep ”atas”. Jika peserta didiknya adalah anak usia TK (4 – 5 tahun) maka dia harus menjelaskan konsep tersebut secara konkret dan nyata.
Pada waktu memberikan penjelasan, hendaknya guru memperhatikan gerak-gerik dan mimik peserta didik, apakah penjelasan yang diberikan dapat dipahami atau meragukan, menyenangkan atau membosankan, dan apakah menarik perhatian atau tidak. Untuk kepentingan tersebut, perhatikanlah mereka selama memberikan penjelasan, ajukan pertanyaan-pertanyaan dan berilah kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar