IKLAN JASA

Home » » komponen pembelajaran

komponen pembelajaran

        Strategi Pembelajaran

       Ada beberapa definisi strategi pembelajaran. Pertama, strategi merupakan suatu keputusan bertindak dari guru dengan menggunakan kecakapan dan sumber daya pendidikan yang tersedia untuk mencapai tujuan melalui hubungan yang efektif antara lingkungan dan kondisi yang paling menguntungkan. Kedua, strategi merupakan garis besar haluan bertindak dalam mengelola proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Ketiga, strategi merupakan pola umum perbuatan guru-peserta didik didalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. Keempat, strategi merupakan suatu pola dan urutan tingkah laku guru untuk menampung semua variabel penting secara sadar dan sistematis. ( Raka Joni, 1980; Kartadinata, S & Permana, J., 1998).


           Berdasarkan beberapa definisi strategi pembelajaran diatas, maka dapat diambil kesimpulan mengenai strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran yaitu komponen integral dalam pembelajaran yang berhubungan dengan cara yang dipilih guru untuk menyempurnakan materi pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
          Pemilihan strategi pembelajaran tidaklah ditentukan secara kebetulan, melainkan harus didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu. Lawrence T. Alexander dan Robert H. Davis mengemukakan empat hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih strategi pembelajaran.

1. Tujuan yang ingin dicapai
Tujuan merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan dalam memilih strategi pembelajaran. Jika pembelajaran yang ingin dicapai adalah aspek kognitif maka pola pembelajarannya dilakukan dalam bentuk presentasi. Jika yang ingin dicapai aspek afektif maka lebih tepat menggunakan pola kegiatan pembelajaran interaktif karena memerlukan penghayatan terhadap aspek tertentu.

2. Karakteristik peserta didik
Setiap guru harus memahami dan mengakui adanya karakteristik dari peserta didiknya. Sehinggga guru dapat mengidentifikasi strategi pembelajaran yang cocok dalam rangka mencapai tujuan dalam pembelajaran.

3. Sumber dan fasilitas untuk melaksanakan strategi tertentu.
Dalam melakasankan strategi pembelajaran, guru perlu memperhatikan sumber atau fasilitas yamng tersedia yang menyangkutperalatan, media, dan ruangan.

4. Karakteristik teknik penyajian tertentu
Pemilihan strategi pembelajaran ditentukan juga oleh kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran, serta sifat dan karakter dari masing-masing metode.

Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara-cara yang dilaksanakan untuk mengadakan interaksi belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan bagian penting dari strategi belajar mengajar. Metode pembelajaran yang dipilih didasarkan pada strategi pembelajaran yang ditetapkan sebelumnya.

Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dipilih guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
Jadi strategi pembelajaran memiliki pengertian yang lebih luas dari pada metode pembelajaran dan teknik pembelajaran. Strategi pembelajaran terdiri dari metode dan teknik. Proses belajar mengajar yang efektif memerlukan penggunaan strategi, metode, dan media pembelajaran yang tepat. Dalam proses belajar peserta didik, guru perlu mengembangkan stretegi mengajar yang didalamnya menggunakan berbagai metode pembelajaran, dan pengalaman belajar yang diharapkan dialami peserta didik.

0 comments:

Post a Comment