Jumat, 27 Januari 2012

Pendekatan Dalam Pendidikan Moral

Pendekatan   dalam   pendidikan   moral   berkaitan   dengan   bagaimana   cara menyampaikan  nilai-nilai  moral  itu  kepada  peserta  didik.  Terdapat  berbagai klasifikasi yang dipakai para ahli pendidikan moral tentang pendekatan ini. Menurut  Superka  dalam  Teuku  Ramli  (2001),  dikenal  adanya  lima  (5)  jenis pendekatan dalam pendidikan budi pekerti, yaitu :
(1)     Pendekatan penanaman nilai  (inculcation  approach)
(2) Pendekatan  perkembangan  moral  kognitif (cognitive moral development approach)
(3)  Pendekatan analisis nilai (values analysis  approach)
(4)  Pendekatan  klarifikasi  nilai  (values  clarification approach)
(5)   Pendekatan   pembelajaran   berbuat   (action   learning approach).
a.   Pendekatan penanaman nilai (inculcation approach),
Pendekatan penanaman nilai (inculcation approach) adalah suatu pendekatan yang memberi penekanan pada penanaman nilai-nilai sosial dalam diri siswa. Tujuan pendidikan nilai menurut pendekatan ini adalah: 
Pertama, diterimanya nilai-nilai sosial tertentu oleh siswa; Kedua, berubahnya nilai-nilai siswa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial yang diinginkan.  Metoda yang digunakan dalam proses pembelajaran menurut pendekatan ini antara  lain:  keteladanan,  penguatan  positif  dan  negatif,  simulasi,  permainan peranan, dan lain-lain.
b.  Pendekatan  perkembangan  moral  kognitif  (cognitive  moral  development approach),  Pendekatan   ini   dikatakan   pendekatan   perkembangan   kognitif   karena karakteristiknya    memberikan    penekanan    pada    aspek    kognitif    dan perkembangannya.    Pendekatan  ini  mendorong  siswa  untuk  berpikir  aktif tentang  masalah-masalah  moral  dan  dalam  membuat  keputusan-keputusan moral. Perkembangan   moral   menurut   pendekatan   ini   dilihat   sebagai perkembangan  tingkat  berpikir  dalam  membuat  pertimbangan  moral, dari suatu tingkat yang lebih rendah menuju suatu tingkat yang lebih tinggi Tujuan  yang  ingin  dicapai  oleh  pendekatan  ini  ada  dua  hal  yang  utama. Pertama, 

PENDIDIKAN AFEKTIF

Para ahli dan praktisi dalam bidang pendidikan semakin menyadari betapa pentingnya peranan pendidikan afektif, supaya tujuan pendidikan yang sebenarnya dapat tercapai. Tujuan tersebut ialah bahwa subjek didik mampu dan mau mengamalkan pengetahuan yang diperoleh dari dunia pendidikan dalam kehidupan sehari-hari. Lebih-lebih setelah muncul suatu temuan bahwa EQ (emotional quotion) menyumbang 80% terhadap keberhasilan seseorang dalam kehidupan, dibandingkan dengan IQ (Intelligence quotion) yang hanya menyumbang 20 % (Golemen, alih bahasa Hermaya, 1997.

kurikulum

Historis kurikulum pendidikan di indonesia sejak zaman penjajahan belanda, jepang sampai pada kemerdekaan indonesia hingga sekarang selalu ada perubahan (revisi).
Mengingat pertumbuhan dan perkembangan masyarakat secara individual semakin berkembang dalam daya berpikirnya dan juga karena pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberi penekanan pada sosial untuk lebih maju dan berkompetitif baik dalam pendidikan, etos kerja dan sebagainya dalam realitas masa kini.
Untuk itu perlu kiranya merevisi (pengembangan) kurikilum pendidikan yang sudah ada dengan tidak merubah hakikat kurikulum tersebut, untuk direlevansikan dengan zaman pendidikan saat ini.
A.    PENGERTIAN KURIKULUM

Etika Profesi Guru

1.      KONSEP DASAR
Etika adalah pedoman dalam bersikap dan berperilaku yang didalamnya berisi garis besar nilai moral dan norma yang mencerminkan masyarakat kampus yang ilmiah, edukatif, kreatif, santun dan bermartabat.
Pembentukan sikap, kepribadian, moral, dan karakter sosok seorang guru/pendidik harus dimulai sejak mahasiswa calon guru/pendidik memasuki dunia pendidikan tenaga kependidikan (LPTK).
2.    Etika: UMUM

REVIEW PENGANTAR MANAJEMEN

A.    HAKEKAT MANAJEMEN
•    manajemen merupakan pengelolaan atau pengaturan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan (to manage=mengelola)
•    manajemen bertujuan mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien
•    aktivitas manajemen dalam mengelola kegiatan organisasi dilakuakan melalui perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan staf (stafing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling)
•    aktivitas manajemen terkaitdengan pengaturan dan pendayagunaan sumber daya organisasi (organization resources) yang meliputi “6 m”

B.    KLASIFIKASI MANAJEMEN

Selecting

BAB I
PENDAHULUAN

    Latar belakang
Pengelolaan sumber daya manusia adalah merupakan aspek yang sangat penting dalam proses pendidikan secara umum. Oleh karena itu fungsi-fungsi dalam pengelolaan sumber daya manusia harus dilaksanakan  secara optimal sehingga kebutuhan yang menyangkut tujuan individu, perusahaan, organisasi ataupun kelembagaan dapat tercapai. Disamping itu dengan prosedur pengelolaan sumber daya manusia yang baik diharapkan kekurangan dan problem yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, yaitu yang terkait dengan kemampuan daya saing dapat teratasi. Karyawan merupakan salah satu faktor produksi yang terpenting dalam suatu perusahaan, tanpa mereka betapa sulitnya perusahaan dalam mencapai tujuan, merekalah yg menentukan  maju mundurnya suatu perusahaan, dengan memiliki tenaga-tenaga kerja yg terampil dengan motivasi tinggi perusahaan telah mempunyai asset yang sangat mahal, yang sulit dinilai dgn uang. Proses pendirian suatu perusahaan baik itu yang bergerak dalam bidang Industri maupun jasa selalu dilandasi keinginan untuk mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Setiap perusahaan tentu selalu memiliki tujuan yang ingin dicapainya, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai setiap perusahaan sebenarnya sama yaitu mereka ingin mencapai laba yang optimal dalam jangka panjang sehingga kelangsungan hidup dari perusahaan tersebut dapat terjamin. Salah satu faktor yang ikut menentukan tercapainya tujuan perusahaan adalah sumber daya manusia.

    Rumusan Masalah

PENEMPATAN DAN ORIENTASI PLACEMENT AND ORIENTING

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG
Banyak organisasi, terutama yang besar-besar mempunyai program orientasi formal yang dapat mencakup perjalanan mengelilingi kantor atau pabrik, film yang menggambarkan program riwayat organisasi itu dan diskusi singkat dengan wakil departemen SDM yang menggambarkan program tunjangan di organisasi itu. Organisasi lain menggunakan program orientasi yang lebih informal dimana, misalnya manajer itu menyerahkan karyawan baru kepada rekan-rekan kerja dan menunjukkan kepadanya tempat ruangan foto copy, mesin kopi, kamar kecil, kaffetaria, dan lain sebagainya.
Para manajer mempunyai kewajiban mengintegrasikan karyawan baru ke dalam organisasi tersebut selancar dan sebebas mungkin dari kecemasan. Mereka perlu secara terbuka membahas pendapat karyawan mengenai kewajiban timbal-balik antara organisasi dan karyawannya. Membuat orang tersebut siap sedia menjalankan tugasnya merupakan kepentingan dari organisasi maupun karyawan baru itu. Orientasi yang berhasil, entah formal maupun informal menghasilkan peralihan dari orang luar ke orang dalam. Yang membuat karyawan merasa kerasan dan teradaptasi dengan cukup baik, sehingga menurunkan kemungkian kinerja pekerjaan yang buruk dan mengurangi kemungkinan pengunduran diri mendapat karyawan baru hanya setelah satu atau dua minggu bekerja.
Dalam upaya mengisi berbagai lowongan yang ada,spesialis pencari tenaga kerja tidak perlu menggarap semua sumber tersebut. Artinya, jika yang dicari adalah tenaga manajerial, ada sumber yang memang harus digarap, seperti organisasi profesi, lembaga pendidikan tinggi, dan organisasi lain. Sebaliknya, jika tenaga kerja yang diperlukan adalah mereka yang akan diberi tanggung jawab dan pekerjaan yang sifatnya teknis operasional, balai latihan kerja pantas digarap, tetapi tidak lembaga pendidikan tinggi, demikian seterusnya.

PERFORMANCE APPRAISAL

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi saat ini, iklim persaingan yang dulunya hanya membayangi perusahaan perusahaan yang mengejar keuntungan (profit company), saat ini juga dihadapi oleh organisasi nirlaba yang tidak mengejar keuntungan (non profit organization). Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa untuk mencapai suatu organisasi yang mampu bersaing dan memiliki daya saing tinggi diperlukan pula sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Sayangnya, kompetensi saja tidaklah mencukupi untuk menghadapi arus globalisasi tanpa didukung oleh semangat yang tinggi untuk bersaing dalam segala bidang. Sistem penilaian kinerja di perusahaan atau organisasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu sistem manajemen kinerja yang memiliki tujuan secara khusus untuk membantu pengembangan karyawan, sebagai penjabaran salah satu visi dan misi perusahaan atau organisasi. Pengembangan karyawan dalam berbagai bentuk merupakan syarat mutlak tercapainya suatu organisasi yang memiliki daya saing tinggi. Karena itu, sangat diperlukan suatu sistem penilaian kinerja yang mampu memenuhi fungsi fungsinya secara utuh dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Tidak hanya bagi karyawan, namun sistem penilaian kinerja juga sangat diperlukan organisasi agar dapat menampilkan gambaran secara menyeluruh mengenai kondisi ketenagakerjaan suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. 

EMPLOYEE DEVELOPMENT (PENGEMBANGAN PEGAWAI)

BAB II
PEMBAHASAN


2.1    Pengertian Pelatihan dan Pengembangan
Wexley dan Yulk berpendapat mengenai penggunaan istilah pelatihan dan pengembangan, yaitupelatihan dan pengembangan saling berhubunhan dengan usaha-usaha berencana yang diselenggarakan untuk mencapai penguasaan skill, pengetahuan dan sikap-sikap pegawai atau anggota organisasi
Pengembangan lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan dalam pengambilan keputusan dan memperluas hubungan manusia (human relation)  bagi manajemen tingkat atas san menengah, sedangkan pelatihan dimaksudkan untuk pegawai tingkat bawahan (pelaksana).
Andrew E. Sikula mengemukakan bahwa pelatihan (training) adalah suatu proses pendidikan jangka pendek yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir dimana pegawai non-menegerial mempelajari pengetahuan dan ketrampilan teknis dalam tujuan terbatas.
Pengembangan merupakan suatu proses pendidikan jangka panjang yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganir dimana pegawai menegerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis guna mencapai tujuan yang umum.
Dengan demikian, istilah pelatihan ditujukan kepada pegawai pelaksana dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis, sedangkan pengembangan diperuntukkan bagi pegawai tingkat manajerial dalam rangka meningkatkan kemampuan konseptual, kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan memperluas human relation.

KOMPENSASI

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 FUNGSI KOMPENSASI
Kompensasi mempunyai fungsi yang cukup penting di dalam memperlancar jalannya roda organisasi / perusahaan. Menurut Martoyo (1994), fungsi kompensasi adalah :
    Penggunaan SDM secara lebih efisien dan lebih efektif
Kompensasi yang tinggi pada seorang karyawan mempunyai implikasi bahwa organisasi memperoleh keuntungan dan manfaat maksimal dari karyawan yang bersangkutan karena besarnya kompensasi sangat ditentukan oleh tinggi/rendahnya produktivitas kerja karyawan yang bersangkutan. Semakin banyak pegawai yang diberi kompensasi yang tinggi berarti semakin banyak karyawannya yang berprestasi tinggi. Dengan demikian pemberian kompensasi dapat menjadikan penggunaan SDM secara lebih efisien dan lebih efektif.
    Mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi
Sistem pemberian kompensasi yang baik secara langsung dapat membantu stabilitas organisasi dan secara tidak langsung ikut andil dalam mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya pemberian kompensasi yang kurang baik dapat menyebabkan gejolak di kalangan karyawan akibat ketidakpuasan. Pada gilirannya gejolak ketidakpuasan ini akan menimbulkan kerawanan ekonomi.

2.2 TUJUAN KOMPENSASI

PEMELIHARAAN HUBUNGAN INDUSTRIAL

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dewasa ini semakin disadari oleh banyak pihak bahwa dalam menjalankan roda suatu organisasi, manusia merupakan unsur yang terpenting. Berbagai alat produksi lainnya, seperti modal, sarana kerja, mesin-mesin, bahan mentah dan bahan baku, perangkat lunak seperti metode kerja serta pasar bagi organisasi niaga, tetap diperlukan serta tetap mempunyai arti penting, tidak akan ada yang menyanggahnya.
Pemeliharaan hubungan yang kontinue dan serasi dengan para karyawan dalam setiap organisasi menjadi sangat penting. Teori manajemen sumber daya manusia memberi petunjuk bahwa hal-hal yang penting diperhatikan dalam pemeliharaan hubungan tersebut antara lain menyangkut motivasi dan kepuasan kerja, penanggulangan stress, konseling dan pengenaan sanksi disipliner, sistem komunikasi, perubahan dan pengembangan organisasi serta peningkatan mutu hidup para karyawan. (Sondang Siagian 2009:286)
Hubungan industrial merupakan hubungan formal yang terdapat antara kelompok manajemen dan kelompok pekerja yang terdapat dalam suatu organasasi (Sondang Siagian 2009:328).
Fungsi pengusaha dan organisasi pengusaha adalah menciptakan kemitraan, mengembangkan usaha, memperluas lapangan kerja. Sedangkan fungsi pemerintah adalah menetapkan kebijakan, memberikan pelayanan, pengawasan dan penindakan terhadap pelanggarnya.
Dengan terciptanya hubungan industrial yang serasi, aman, dan harmonis diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas kerja, sehingga dengan demikian perusahaan akan dapat tumbuh dan berkembang sehingga kesejahteraan pekerja dapat ditingkatkan.

makalah recruitmen

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang   
Manajemen Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Untuk mencapai tujuan ini, studi tentang manajemen personalia akan menunjukkan bagaimana seharusnya perusahaan mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan memelihara karyawan dalam jumlah (kuantitas) dan tipe (kualitas) yang tepat.

JOB ANALYSIS

BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Organisasi berisi sekumpulan sumber daya manusia yang mempunyai tujuan, visi dan misi yang sama. Semua kegiatan yang ada dalam organisasi akan bermuara pada satu atau beberapa tujuan yang semuanya telah tertuang  pada saat perencanaan (planning). Planning pada suatu organisasi sangatlah penting karena bisa dikatakan planning adalah pedoman dan kompas bagi suatu organisasi. Tetapi sumber daya manusia adalah bagian vital bagi organisasi, karena yang bisa menggerakkan organisasi adalah sumber daya manusia, yang bisa membawa kemana arah orientasi adalah sumber daya manusia, yang bisa memajukan dan meruntuhkan organisasi juga sumber daya manusia yang ada di organisasi tersebut. Maka, manajemen sumber daya manusia adalah departemen yang seharusnya paling bertanggung jawab atas sumber daya-sumber daya manusia yang tepat untuk mengisi jabatan yang ada. Para manajer seharusnya bisa menyeimbangkan antara dimensi pekerjaan dan kebutuhan para karyawannya. Simamora:  menjelaskan bahwa sekurang-kurangnya ada lima dimensi yang berinteraksi satu sama lain dan menentukan tingkat produktivitas serta kepuasan yang diperoleh dari pekerjaan. Dimensi yang dimaksud adalah:

KETRAMPILAN MEBERIKAN VARIASI DALAM MENGAJAR

A.    Aspek-Aspek dalam Mengadakan Variasi Belajar Mengajar.
Pada dasarnya semua orang tidak menghendaki adanya kebosanan dalam melakukan segala kegiatan. Sehingga orang akan selalu berusaha untuk memperoleh kehidupan yang penuh variasi (pergantian atau perubahan) yang positif. Tidak lepas dari tujuan itu, dalam proses belajar mengajar juga mempunyai tujuan yang sama, sehingga para pendidik dituntut untuk mengembangkan variasi dalam mengajarnya.

KETERAMPILAN DASAR BERTANYA

Keterampilan bertanya merupakan keterampilan yang bersifat mendasar yang dipersyaratkan bagi penguasaan keterampilan berikutnya. Untuk dapat menguasai keterampilan memberi penguatan kita dituntut sudah menguasai keterampilan bertanya dengan kata lain kita tidak mungkin menguasai keterampilan memberi penguatan apabila kita belum menguasai keterampilan bertanya.

KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MEMBERIKAN PENGUATAN (REINFORCEMENT)

Keterampilan mengajar bagi seorang guru adalah sangat penting kalau ia ingin menjadi seorang guru yang profesional, jadi disamping dia harus menguasai sumbstansi bidang studi yang diampu, keterampilan dasar mengajar juga adalah merupakan keterampilan penunjang untuk keberhasilan dia dalam proses belajar mengajar.
Sari dari keterampilan dasar mengajar ini diambil dari berbagai sumber dimana bahan ini digunakan untuk para mahasiswa yang melakukan praktek mengajar di sekolah sebelum dia bekerja sepenuhnya sebagai seorang guru. Pada kenyataannya dewasa ini banyak para guru yang mengajar dengan pola tradisional dan mengabaikan keterampilan-keterampilan yang sangat mendasar ini. Keterampilan dasar mengajar ini adalah merupakan panduan pengajaran mikro dengan menggunakan perangkat Sydney Micro Skills (1973).

KETERAMPILAN MENJELASKAN

Menjelaskan adalah mendeskripsikan secara lisan tentang sesuatu benda, keadaan, fakta dan data sesuai dengan waktu dan hukum-hukum yang berlaku. Menjelaskan merupakan suatu aspek penting yang harus dimiliki guru, mengingat sebagian besar pembelajaran menuntut guru untuk memberikan penjelasan. Oleh sebab itu keterampilan menjelaskan perlu ditingkatkan agar dapat mencapai basil yang optimal.

Guru di Tengah Fenomena Kritik

Saat berdiskusi dengan teman-teman seprofesi mengkaji berbagai fenomena peningkatan mutu pendidikan, penulis "diserang" habis-habisan lantaran memberi pernyataan tentang kekuranggigihan guru dalam mengembangkan kompetensinya, baik kompetensi personal, professional, dan kemasyarakatan.
Berbagai fenomena kritik yang penulis lontarkan tentang "ketidakberdayaan" guru juga diamini oleh teman-teman guru. Bahkan, dianggap cocok mewakili kondisi guru saat ini. Fenomena kritis yang dihadapi guru merupakan refleksi "kejenuhan" dan "kebingungan" guru dalam menanggapi ide-ide dari pemerintah (Depdiknas).

KOMPONEN-KOMPONEN KETRAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN

Membuka Pelajaran
Awal pelajaran atau awal setiap penggal kegiatan dalam inti pelajaran guru harus melakukan kegiatan membuka pelajaran. Komponen ketrampilan itu adalah menarik perhatian, menimbulkan motivasi dan memberi acuan.

Keterampilan Memberi Variasi

a. Menurut Uzer Usman variasi adalah suatu kegiatan guru dalam kontek proses interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan murid, sehingga dalam situasi belajar mengajar. Murid senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme serta penuh partisipasi.
b. Menurut Abu Ahmadi gaya mengajar adalah tingkah laku, sikap dan perbuatan guru dalam melaksanakan proses pengajaran.

KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN

A. PENGERTIAN
Secara psikologis setiap orang membutuhkan penghargaan terhadap sesuatu usaha yang telah dilakukannya. Melalui penghargaan yang diperolehnya, seseorang akan merasakan bahwa hasil perbuatannya dihargai, mendapatkan tempat dan oleh karenanya akan menjadi pemacu untuk berusaha meningkatkan prestasi atau berbuat yang lebih baik dalam melaksanakan tugasnya.
Penghargaan yang diberikan terhadap seseorang yang telah menunjukkan perbuatan baik,  tidak selalu harus dalam bentuk materi, akan tetapi bisa dilakukan dalam bentuk-bentuk lain seperti memberikan pujian dengan ucapan misalnya: terima kasih, bagus, sikapmu sangat baik, pakaianmu rapih atau kata-kata lain yang sejenis, dimana seseorang yang mendapat pujian atau penghargaan tersebut merasa dihargai.
Pujian melalui kata-kata atau memberikan respon positif terhadap perilaku yang telah ditunjukkan oleh seseorang disebut dengan “penguatan”. Dengan demikian yang dimaksud dengan penguatan (reinforcement) pada dasarnya adalah “suatu respon yang diberikan terhadap perilaku atau perbuatan baik, yang dapat memacu terulangnya perbuatan baik tersebut” Dalam pengertian yang lain dikemukakan oleh Wina Sanjaya, bahwa keterampilan dasar penguatan (reinforcement) adalah “Segala bentuk respon yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa, yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik atas perbuatan atau respon siswa”
Dari dua pengertian keterampilan penguatan (reinforcement) yang telah disampaikan di atas, secara substantif memiliki kesamaan terutama dilihat dari beberapa unsur sebagai berikut:

KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS

I.     Rasional
Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa, dan tugas guru adalah sebagian besar terjadi dalam kelas adalah membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang op-timal. Yang berhubungan dengan minat, kehendak, percakapan, kegiatan-kegiatn mere-ka sekaligus berhubungan dengan sarana dan prasarana pengajaran yang digunakan da-lam PBM.

Variasi Gaya Mengajar

Variasi adalah keanekaan yang membuat sesuatu tidak monoton. Variasi di dalam kegiatan pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan keingintahuan siswa, melayani gaya belajar siswa yang beragam, serta meningkatkan kadar keaktifan siswa.Variasi gaya mengajar adalah perubahan, sehingga gaya guru disaat mengajar atau menjelaskan materi pelajaran. Dengan tujuan untuk mengatasi kebosanan siswa dalam belajar sehingga siswa bersemangat, bergairah dan berminat terhadap pelajaran di sekolah.
    Membentuk pribadi guru yang menyenangkan siswa dalam proses belajar mengajar tidak mudah. Keprofesionalan guru dalam mengajar di kelas  masih banyak ada yang bisa dikatakan kurang cakap. Hal semacam itu bisa terjadi disebabkan salah satunya adalah dalam menangani siswa atau kelas, guru belum bisa mengendalikannya. Apabila dirinci lagi ternyata dalam mengajar itu variasi-variasi guru dalam mengajar masih minim, gaya mengajar yang dilakukannya monoton. Dengan demikian tidak heran jika siswa tidak antusias mengikuti pembelajaran.

KETRAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN

Membuka Pelajaran
Kalimat-kalimat awal yang diucapkan guru merupakan penentu keberhasilan jalannya seluruh pelajaran. Tercapainya tujuan pengajaran bergantung pada metode mengajar guru di awal pelajaran. Seluruh rencana dan persiapan sebelum mengajar dapat menjadi tidak berguna jika guru gagal dalam memperkenalkan pelajaran. Dalam tahap ini, yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah menetapkan sikap dan minat yang benar di antara anggota kelas.

Ketrampilan Dasar Mengajar

1.    Hakikat Menjelaskan

Keterampilan menjelaskan sangat penting bagi guru karena sebagian besar percakapan guru yang mempunyai pengaruh terhadap pemahaman siswa adalah berupa penjelasan. Penguasaan keterampilan menjelaskan yang didemonstrasikan guru akan memungkinkan siswa memiliki pemahaman yang mantap tentang masalah yang dijelaskan, serta meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Menjelaskan merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan oleh guru dalam menyampaikan informasi. Dalam kegiatan pembelajaran, menjelaskan berarti mengorganisasikan materi pembelajaran dalam tata urutan yang terencana secara sistematis sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh peserta didik. Keterampilan menjelaskan mutlak perlu dimiliki oleh para guru.
Seorang guru harus dapat menjelaskan berbagai hal kepada peserta didiknya. Penjelasan yang disampaikan harus sesuai dengan tingkat kemampuan berpikir peserta didik. Misalnya guru akan menjelaskan konsep ”atas”. Jika peserta didiknya adalah anak usia TK (4 – 5 tahun) maka dia harus menjelaskan konsep tersebut secara konkret dan nyata.
Menjelaskan adalah mendeskripsikan secara lisan tentang sesuatu benda, keadaan, fakta dan data sesuai dengan waktu dan hukum-hukum yang berlaku. Menjelaskan merupakan suatu aspek penting yang harus dimiliki guru, mengingat sebagian besar pembelajaran menuntut guru untuk memberikan penjelasan. Oleh sebab itu keterampilan menjelaskan perlu ditingkatkan agar dapat mencapai basil yang optimal.

manajemen sumberdaya manusia (rekrutmen)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Organisasi berisi sekumpulan sumber daya manusia yang mempunyai tujuan, visi dan misi yang sama. Semua kegiatan yang ada dalam organisasi akan bermuara pada satu atau beberapa tujuan yang semuanya telah tertuang  pada saat perencanaan (planning). Planning pada suatu organisasi sangatlah penting karena bisa dikatakan planning adalah pedoman dan kompas bagi suatu organisasi. Tetapi sumber daya manusia adalah bagian vital bagi organisasi, karena yang bisa menggerakkan organisasi adalah sumber daya manusia, yang bisa membawa kemana arah orientasi adalah sumber daya manusia, yang bisa memajukan dan meruntuhkan organisasi juga sumber daya manusia yang ada di organisasi tersebut. Maka, manajemen sumber daya manusia adalah departemen yang seharusnya paling bertanggung jawab atas sumber daya-sumber daya manusia yang tepat untuk mengisi jabatan yang ada. Para manajer seharusnya bisa menyeimbangkan antara dimensi pekerjaan dan kebutuhan para karyawannya. Simamora:  menjelaskan bahwa sekurang-kurangnya ada lima dimensi yang berinteraksi satu sama lain dan menentukan tingkat produktivitas serta kepuasan yang diperoleh dari pekerjaan. Dimensi yang dimaksud adalah:

Kumpulan Status Facebook Lucu, Gokil, Keren Dan Romantis

  • Sepandai pandainya menahan ‘kebelet’, pasti keluar juga..
  • Pengalaman adalah guru yang baik, tapi guru yang baik belum tentu
    berpengalaman.
  • “Ku tertunduk bukan karena malu, tetapi tertarik melihat anu”
  • Perjuanganku seperti Mario Bros, harus bantai naga dan monster kura2 buat dapet Tuan Putri
  • Dinyanyiin ” Bertahan satu Tinja, Bertahan satu T.I.N.J.A
  • wanita emank bikin bingung Bila kesalahannya diingatkankan,mukanya merah..bila di ajari mukanya merah,…bila di sanjung mukanya merah jika marah mukanya merah, kok sama semua ? bingung !!
  • “hari gini ga korupsi pajak? apa kata gayus tambunan??”
  • “JAUHI NARKOBA DEKATI PSK!!”
  • Jangan Acungkan Jari Tengahmu Klo G tau artinya..
  • ” buat apa cewek pake berpakaian cantik dan berdandan untuk menarik cowok? padahal cowok lebih suka cewek yang nggak pake apa-apa”
  • Di dunia ini cuma ada 5 orang yang aku cintai, Ibuku, Ayahku, Saudara kandungku, Teman-temanku dan yang terakir adalah kau. kenapa kau kuletakkan pada urutan yang terakhir? karena aku ingin kau menjadi Cintaku yang terakhir dan tak ada cinta yang lain selain cinta terakhirku pada dirimu.”
  • “Kamu tu manusia ato vibrator si?setiap dket kmu,hatiku brgetar-getar gitu…”
  • selama janur kuning belum melengkung, aku akan tetap mengejar cintamu…tapi kalo udah melengkung, bakal aku setrika lagi biar lurus…
  • Pelanggan Yth. Masa aktif hidup anda akan segera habis, saldo dosa anda sudah melewati batas. Segera isi ulang iman anda di rumah ibadah terdekat sebelum nyawa anda di blokir.
  • compaq pernah berniat mengganti tulisan “Press Any Key” dengan “Press Enter Key” gara-gara pelanggan kesulitan mencari tombol “any
  • “Kelakuan Ibu Rumah Tangga: Pagi Menyuci Kain, menjelang Siang Menjemur kain.. Setelah Sore, Menyetrika Kain.. Kalo malem, Nggak pake kain..”
  • Hati – Hati memberi tanda koma (,) menurut kabar burung, temen ane sakit..menurut kabar, burung temen ane sakit..
  • “bermimpilah setinggi langit..” Tapi kalau jatuh tanggung sendiri resikonya
  • ” jangan pernah kau lepaskan genggaman tanganku,bukan karena aku sayang n mencintaimu tapi saya cuma takut ketinggian “
  • ” akan saya ingat sampe lupa “
  • Otw to the hell nih.. Ada yang mau ikut?
  • Dekat denganmu, aku keringetan. Jauh darimu, aku keingetan
  • Andaikan Azis Gagap dan Sule turun di ganda putra final Piala Thomas…
  • Lelaki yang bagun sianng adalah lelaki pemberani.. karena ketika dia membuka mata langsung menantang sang mentari
  • Punya pacar boros uang, Ga punya pacar boros sabun
  • “Anda saat ini sedang membaca status pria dengan pesona yang memiliki daya tarik seperti magnet …….wanita yang bersuami dan memiliki pacar dilarang keras membaca status ini”
  • “Kenapa korban kecelakaan harus di larikan ke rumah sakit..? Bukannya orang yg lagi kesakitan itu sulit buat berlari..?”
  • UPDATE
  • Notifikasi : 16 teman anda telah mengganti jenis kelaminnya
  • Kelemahan WANITA menurut montir : Banyak tonjolan, tidak aerodinamis, Biaya pemeliharaan mahal, Saluran In & Out terlalu dekat, Berisik waktu di naiki..
  • Dapet kabar di pasaran Cabe Keriting harganya melonjak tajam, karena mo tampil beda di taon 2011 (rebounding bro…)
  • Pada suatu Kamis malan seorang Satpam melihat ada seorang wanita sedang mainin hape di atas kuburan….. Sama satpam ditegur “Mbak ngapain malam-malam mainin hape di atas kuburan?”. Si cewek menjawab “Iya pak, abis dibawah sinyalnya lemah…….”. Satpam “??!!@$!?$”
  • Ah ternyata Bangsa ini masih lemah. Buktinya: banyak toko obat kuat disepanjang jalan.
  • Ternyata alasan Obama berkunjung ke Indonesia tidak lebih dari 24 jam, karena takut klo lebih dari 1x24jam harus lapor RT setempat
  • “kita lahir bareng,seneng bareng,susah bareng,tapi kenapa kamu mati duluan..??”tanya kakek2 sambil melihat kedalam sarung..hiks..hiks
  • St 12 punya “ISABELLA”,9 band punya “HAFIZAH”,Five minutes pnya “AISYAH”Irwansyah punya “CAMELIA”Kangen band pny “YOLANDA”…Tpi cuma Wali yg lagi sibuk “CARI JODOH”
  • 3 senjata paling mematikan di dunia.. 1. Amerika – Bom Atom, 2. Iran – Nuklir,  3. Indonesia – Gas Elpiji 3kg
  • Seorang anak bertanya pada ibunya….Mama Baju q mana..si mama menjawab..Cari aja di google..
  • Gmn Cara mengetahui apakah suatu gunung masih aktif atau tidak? – Jawaban : di misscall aja..
  • *proklamasi* kami  jomblo sejati,dgn ini menyatakan kemerdekaan bercinta ,hal2 yg mengenai ditolak,kecewa dan sakit hati di tanggapi dgn cuek2 aja dan mencari target yg baru dalam tempo yg sesingkat-singkatx?????????
  • Boleh merokok di ruangan ini asalkan asapnya ditelan…
  • be are the kill us all come fuck (biar dekil asal kompak)
  • PLN mengumumkan PEMADAMAN LISTRIK bergilir sudah ditiadakan, diganti dengan PENYALAAN LISTRIK bergiliran….. thanks

status gaul

Asik…aku lagi happy Ù©(•̮̮̃•̃)Û¶ Ù©(-̮̮̃-̃)Û¶ Ù©(●̮̮̃•̃)Û¶ Ù©(͡๏̯͡๏)Û¶ Ù©(-̮̮̃•̃)Û¶
Peace love and gaul ..
sepp lah klw bgitu ..
–┌─┐. ─┐
–│▒│ /▒/
–│▒│/▒/…
…–│▒ /▒/─┬─┐
–│▒│▒|▒│▒│…
┌┴─┴─┐-┘─┘
│▒┌──┘▒▒▒│
└┐▒▒▒▒▒▒
“Dua jariku respect untukmu”
̿̿̿ ̿’ ̿’̵͇̿̿з=(•̪●)=ε/̵͇̿̿/’̿’̿ ̿  Saya tembak klw nggak komen di statusku!!
Lalalala ♬ ♫ ♪ ılıll|̲̅̅●̲̅̅|̲̅̅=̲̅̅|̲̅̅●̲̅̅|llılı ♪ ♫ ♬
██████▓▒░░ “COBA LAGI” ░░▒▓██████
Gosok gambar disamping  ▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒ untuk melihat statusku
◄◄ REW ► PLAY ▌▌PAUSE █▌STOP ►► FF
Beib…..Percayalah!! Saya itu bohong!!

STATUS MENARIK UNIK BUAT UPDATE STATUS FACEBOOK

1. kebohongan apabila dipertahankan terus suatu saat akan menjadi kebenaran

2. Kebenaran harus kita terima sekalipun keluar dari pantat ayam 

3. Ikhlas itu seperti berak, ga peduli semahal apapun makanan yang kita makan, ga akan menyesal dan ngerasa rugi pas dikluarin

Menjadi sekretaris yang baik

Bagaimana menjadi sekretaris yang baik
Sekretaris yang baik atau asisten pribadi dapat menghemat banyak waktu jika digunakan sebagai sekretaris nyata dan tidak hanya pengetik steno. Sekretaris yang baik akan baik mendapat orang yang tepat atau pengganti yang dapat diterima.
Di antara fungsi-fungsi lain yang berguna sekretaris penghemat waktu adalah:
1. Dapatkan dikte untuk memproses pekerjaan apa yang harus dilakukan
2. Membaca dan memilah-milah jenis bahan
3. Menyimpan catatan bos
4. Mengatur atau memblokir telepon yang tidak diinginkan pribadi atau penelepon (esp. jika pertemuan yang sedang berlangsung); lokal atau SLJJ.
5. Perencanaan jadwal perjalanan dan pertemuan
6. Menjaga mengisi order; umum file, file pribadi (folder), cek kartu dan daftar (index);
7. Bertindak sebagai penelitian dan sumber informasi
8. Membuat catatan tanggal dan bos itu
9. Mengatur perjalanan; hotel, resepsi, tiket pesawat, bus, dan sebagainya
10. Memberi hadiah atau kado, pengiriman bunga, keluarga atau pasangan alamat
11. Catatan tanggal pernikahan, ulang tahun dan resepsi
12. Mengatur lalu lintas bos, rekening bank
13. Mengatur eksekutif korespondensi
14. Lanjutkan teks pidato
15. Selamat datang para pelanggan, relasi, tamu untuk kesan baik dari perusahaan jasa
16. Mengatur dan melanjutkan data dan statistik secara terbatas
17. Mempersiapkan berbagai materi untuk informasi
18. Mengatur pembelian kecil untuk kantor dan kebutuhan bos
19. Sebagai mediator antara atasan dan bawahan
20. Bertindak seolah-olah manajer kantor untuk bos
21. Mengatur pertemuan dan menit
22. Ikuti berita dari media massa
23. Ikuti seminar atau bekerja belanja
24. Mengatur bos hobi atau istirahat
25. Tahu organisasi berjalan

Manajemen

Manajemen di semua organisasi dan kegiatan usaha adalah tindakan mendapatkan orang bersama-sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan tujuan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efisien dan efektif. Management comprises planning , organizing , staffing , leading or directing, and controlling an organization (a group of one or more people or entities) or effort for the purpose of accomplishing a goal. Resourcing encompasses the deployment and manipulation of human resources , financial resources, technological resources, and natural resources . Manajemen meliputi perencanaan , pengorganisasian , staffing , memimpin atau mengarahkan, dan mengendalikan sebuah organisasi (kelompok satu atau lebih orang atau entitas) atau usaha untuk tujuan mencapai tujuan. Resourcing meliputi penyebaran dan manipulasi sumber daya manusia , keuangan sumber daya, teknologi sumber daya, dan sumber daya alam .

Because organizations can be viewed as systems , management can also be defined as human action, including design, to facilitate the production of useful outcomes from a system. Karena organisasi dapat dipandang sebagai sistem , manajemen juga dapat didefinisikan sebagai tindakan manusia, termasuk desain, untuk memfasilitasi produksi hasil berguna dari sistem. This view opens the opportunity to 'manage' oneself, a pre-requisite to attempting to manage others. Pandangan ini membuka kesempatan untuk 'mengelola' diri, sebuah prasyarat untuk mencoba mengelola orang lain.

memelihara sistem kearsipan

A.    PENGAMANAN ARSIP
Pengamanan arsip adalah menjaga arsip dari kehilangan maupun dari kerusakan. Dalam UUD No. 7 th 1971 Pasal 11, diutarakan ketentuan sebagai berikut:
1.    Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum, memiliki arsip sebagaimana dimaksud pasal 1 UU No. 7 th 1971 ini dapat dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya 10 tahun.
2.    Barang siapa yang menyimpan arsip sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 huruf a UU No. 7 th 1971 ini yang dengan sengaja memberitahukan hal-hal tentang isi naskah itu kepada pihak ketiga yang tidak berhak mengetahuinya sedang ia diwajibkan merahasiakan hal-hal tersebut, dapatdipidana dengan penjara selama-lamanya 20 tahun atau dipidana penjara seumur hidup.
Ketentuan diatas dimaksudkan untuk mengamankan arsip dari segi informasi. Untuk arsip milik swasata atau perorangan, pengamanan dari segi hukum diatur pada KUHAP maupun KUHD.
Secara fisik, semua arsip harus diamankan dari segi kerusakan. Kerusakan terhadap arsip dapat terjadi karena faktor  internal dan faktor eksternal.

mengimplementasikan sistem kearsipan

A.    Penciptaan Kearsipan
    Kegiatan kearsipan pada dasarnya tidak hanya terjadi saat penyimpanan saja. Akan tetapi sudah dimulai sejak arsip tersebut diciptakan, di proses,  disimpan, sampai akhirnya arsip tersebut dimusnahkan. Termasuk dalam hal ini adalah pemeliharaan atau perawatan arsip. Pada tahap awal (penciptaan arsip), arsip tercipta melalui dua cara sebagai berikut:

menentukan kebutuhan alat dan bahan kearsipan

A.    Jenis-Jenis Peralatan Kearsipan
Peralatan kearsipan adalah alat atau sarana yag digunakan dalam bidang kearsipan. Peralatan ini pada umumnyatahan lama (dapat digunakan bertahum-tahun) karena dibuat dengan bahan-bahan yang kuat seperti logam, kayu, aluminium, besi, plastik, dan sebagainya.
Fungsi peralatan kearsipan antara lain:

menentukan sistem kearsipan

A.    Ruang Lingkup Kearsipan
Setiap organisasi, baik organisasi yang berorientasi pada keuntungan (profite motive) maupun organisasi yang tidak berorientasi pada keuntungan (non profite motive) dapat dipastikan mempunyai suatu unit khusus yang bertugas dalam bidang administrasi. Dengan kata lain setiap organisasi pasti pasti memerlukan suatu unit yang mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan administrasi. Kegiatan administrasi merupakan kegiatan yang cakupannya lua. Biasanya segala kegiatan administrasi diolah suatu unit tersendiri yang disebut Bagian Administrasi, Tata Usaha, Sekretariat, kantor, dan bagian lainnya.

MEMILIH JENIS PENGGANDAAN DOKUMEN YANG SESUAI

A.       Jenis-jenis alat pengganda dokumen

Pekerjaan perkantoran dizaman sekarang lebih efektif dan efisien karena terbantu dengan adanya alat – alat perkantoran antara lain komputer, foto copy, scanner, mesin cetak, duplicator offset – litho, printer, OHP.
Penduplikasian atau penggandaan berfungsi untuk menghasilkan surat edaran, daftar harga, laporan, formulir kantor dan sebagainya.
    Di bawah ini akan dibahas satu per satu dari masing-masing mesin pengganda dokumen/surat.
1.    Duplikator hektografik dengan alkohol
Duplikator dengan alkohol akan mereproduksi ketikan, tulisan tangan atau gambar dalam pelbagai warna. Mesin ini mampu mereproduksi beberapa warna sekali jalan. Komninasi warna dimungkinkan pada satu salinan master dengan proses sederhana penulisan atau pengetikan di atas kertas karbon berwarna yang berlainan secara bergantian.
Mesin ini mampu menggandakan 100 hingga 250 salinan. Master dapat diangkat dari mesin dan disimpan, sehingga pencetakan dalam jumlah sedikir dapat dilakukan beberapa kali. Penggantian masker dimungkinkan di antara pemakaian. Tata letak master yang sesuai memungkinkan untuk mencetak informasi yang sama, atau yang berbeda sebagian, pada formulir dengan ukuran yang bervariasi, seperti misalnya faktur, surat tanda penyerahan barang dan surat pesanan. Dengan kertas khusus yang disela lembaran kertas karbon hektografik, master dapat disiapkan sebagai keluaran komputer.
Mesin duplikator dengan alkohol ini terutama cocok untuk menggandakan dokumen berjumlah 10 lembar ke atas.
2.    Duplikator stensil
    Mesin stensil tidak lain adalah mesin penghasil dokumen terbentuk lembaran dalam jumlah banyak dengan menggunakan pembantu “kertas master” yang disebut dengan stensil sheet atau sit stensil. Bila dua warna atau lebih diperlukan pada salinan akhir, stensil yang terpisah harus dibuat dan penduplikasian yang terpisah harus dijalankan untuk setiap warna.
    Duplikator stensil mampu menghasilkan salinan hingga 4000 lembar. Stensil dapat disimpan dan digunakan kembali bila ditangani dengan baik.
Duplikator stensil kerap dibatasi untuk memproduksi salinan pada kertas isap yang agak tebal. Model kertas ini cocok untuk jenis laporan, spesifikasi, daftar harga, tetapi krang cocok untuk catalog dan formulir.
    Kita mengenal ada 2 macam mesin stensil, yaitu mesin stensil manual dan mesi stensil listrik. Terdapat pula model dengan bantalan datar, yang merupakan jenis duplikator stensil termurah dan memadai bila volume kerja yang harus dilakukan sedikit.
a)    Mesin stensil manual
Mesin stensil manual yaitu mesin stensil yang cara kerjanya digerakkan dengan mempergunakan tangan (engkol).
Secara umum, mesin stensil manual memiliki ciri-ciri antara lain:
•    Digerakkan dengan tenaga manusia
•    Komponen dan cara kerja mesinnya mekanis
•    Tinta yang digunakan adalah tinta berwarna hitam
•    Sheet yang digunakan bisa sheet stensil, sheet scanner atau stencil cutter sebagai sheet master.
•    Ukuran kertas maksimum ialah folio (8,5 inci x 13 inci)
b)    Mesin stensil listrik
Berfungsi sama seperti mesin stensil manual, yaitu untuk menggandakan warkat dengan sheet stensil. Penggunaan mesin stensil listrik memiliki beberapa keuntungan (dibandingkan mesin tik manual) antara lain:
1)    Hasil penggandaan tampak lebih bagus
2)    Pengoperasian mesin lebih mudah
3)    Tinta yang digunakan lebih irit
4)    Tenaga yang diperlukan lebih ringan.


10 tip jadi Bos Idola

1.Bersikap Adil
Seorang atasan yang baik dituntut mampu menilai dengan objektif kelebihan dan kekurangan bawahannya. Penilaian ini harus dilakukan seobjektif mungkin, tanpa terganggu penilaian pribadi. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan penghargaan atau apresiasi bagi bawahan sesuai dengan kinerja masing-masing. Dengan begitu bawahan akan dapat menangkap pesan bahwa semakin baik hasil kerjanya, semakin besar pula penghargaan yang diterimanya dari atasan. Pada saat yang sama, seorang atasan juga harus mampu menciptakan peluang yang adil bagi setiap bawahannya untuk menunjukkan kinerjanya. Tujuan dan target yang lebih tinggi justru dapat dicapai dengan menjaga iklim persaingan yang sehat di dalam timnya.
Nasehat tokoh terkenal: ”Pemimpin bukanlah seorang administrator yang suka mengatur orang lain, tetapi seseorang yang mau memberikan bantuan dan dukungan pada anak buahnya sehingga mereka bisa mengerjakan tugasnya.” (Robert Townsend, pengusaha dan penulis buku Reinventing Leadership).

cerita lucu tentang Uang

Ada seorang pria yang bekerja sepanjang hidupnya dan menyelamatkan semua uangnya. He was a real miser when it came to his money. Dia adalah seorang kikir nyata ketika datang ke uangnya. He loved money more than just about anything, and just before he died, he said to his wife, "Now listen, when I die, I want you to take all my money and place it in the casket with me. I wanna take my money to the afterlife." Dia mencintai uang lebih dari apa saja, dan hanya sebelum ia meninggal, ia berkata kepada istrinya, "Sekarang dengarkan, ketika aku mati, aku ingin kau mengambil semua uang saya dan tempatkan di peti mati dengan saya, saya ingin. Untuk mengambil saya uang untuk akhirat. "

seputar tungagung

Kabupaten Tulungagung
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kabupaten Tulungagung Lambang-tulungagung.png
Lambang Kabupaten Tulungagung
Motto: Guyub Rukun


Locator kabupaten tulungagung.png

Peta lokasi Kabupaten Tulungagung
Koordinat: 111,43°-112,07° BT dan 7,51°-8,08° LS
Provinsi Jawa Timur
Hari jadi {{{hari jadi}}}
Dasar hukum -
Tanggal 18 November 1205
Ibu kota Tulungagung
Pemerintahan
- Bupati Ir. Heru Tjahjono, M.M.
- APBD {{{apbd}}}
- DAU Rp. -
Luas 1.055,65 km²
Populasi
- Total 1.024.034 (2008)
- Kepadatan 891/km²
Demografi
- Suku bangsa {{{suku bangsa}}}
- Agama {{{agama}}}
- Bahasa {{{bahasa}}}
Zona waktu {{{zona waktu}}}
Kode area telepon 0355
Bandar udara {{{bandar udara}}}
Pembagian administratif
- Kecamatan 19
- Desa/kelurahan 271
Flora resmi {{{flora}}}
Fauna resmi {{{fauna}}}
Situs web http://www.tulungagung.go.id/index.php
"Tulungagung" beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lain dari Tulungagung, lihat Tulungagung (disambiguasi).

Kabupaten Tulungagung adalah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tulungagung terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, dan terletak terletak 154 km barat daya Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Tulungagung adalah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tulungagung terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer di Indonesia, dan terletak terletak 154 km barat daya Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.
Daftar isi

* 1 Etimologi
* 2 Sejarah
* 3 Geografi
* 4 Pemerintahan
* 5 Penduduk
* 6 Industri
* 7 Pariwisata
o 7.1 Wisata Alam
o 7.2 Wisata Budaya
o 7.3 Wisata Kuliner
* 8 Figur publik
* 9 Pranala luar

SALING KEEERGANTUNGAN DAN KEUNTUNGAN DARI PERDAGANGAN
Pertanyaan dan Soal Aplikasi

MAKALAH


Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pengantar Ekonomi Mikro
 Yang dibina oleh Bapak Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si.




Oleh Kelompok III :
Robbin Christian                 ( 209412421033)
Nico Novianta Permana      ( 209412421035)
Aning Drastari                             ( 209412421036)
             



um










UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN
MEI 2010


pembelajaran pada anak tk

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang 
Undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1990 tentang pendidikan prasekolah dan secara khusus diatur dalam keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 0486/U/1992 tentang taman kanak-kanak menyebutkan bahwa pendidikan taman kanak-kanak adalah sebagai bagian dari pendidikan pra sekolah.
Pendidikan taman kanak-kanak mempunyai tujuan untuk membantu anak untuk mengembangkan sikap, perilaku, pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam proses adaptasi dengan lingkungan dan untuk pertumbukan dan perkembangan selanjutnya hal tersebut dapat dilihat pada keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 0486/U/1992 BAB II pasal 3 ayat (1).
Pendidikan anak usia dini memerlukan pengelolaan, sesuai karakteristik dan situasi  sosial  yang  kondusif  untuk  keberhasilan  belajar  anak  usia  dini.  Sifat pembelajarannya  yang  kooperatif  dengan  sebagian  kelompok  kecil  maupun besar,  bertangung  jawab,  belajar  menunggu  giliran,  bekerja  tanpa  mengganggu teman,   membereskan   alat,   mengambil   keputusan,   memilih   kegiatan,   dan kesemuanya terjadi tanpa tekanan melainkan berjalan alamiah.
Program kegiatan belajar TK yang telah disusun dimaksudkan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan anak dan kesesuaian dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan iptek serta kesenian. Berikut kami akan membahas tentang kegiatan pembelajaran yang ada di TK cempaka dan sedikit mengulas apa saja yang ada di TK Cempaka.


B.     Rumusan Masalah

1.      Bagaimana profil sekolah TK Cempaka ?
2.      Bagaimana latar belakang pendidikan guru ?
3.      Bagaimana latar belakang siswa ?
4.      Bagaimana kegiatan belajar mengajar yang ada di kelas ?
5.      Bagaimana kegiatan belajar mengajar yang ada di luar kelas ?
6.      Bagaimana sosialisasi di TK Cempaka ?
7.      Apa kendala yang di hadapi sekolah dalam proses belajar mengajar ?
8.      Bagaimana TK Cempaka mengatasi masalah dalam proses belajar mengajar ?
9.      Apa yang di lakukan TK Cempaka dalam rangka peningkatan motivasi?
10.  Apa keunikan atau keunggulan TK Cempaka di banding TK lain ?
11.  Bagaimana tentang keberadaan fasilitas yang ada di TK Cempaka ?
12.  Bagaimana hasil belajar siswa ?